√ 6+ Cara Mudah Membuat Slime dengan GOM di Rumah

  • by
cara membuat slime dengan GOM dirumah

Slime sekarang ini sudah menjadi mainan populer yang banyak diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa.

Karena kepopulerannya saat ini, banyak orang yang mulai bereksperimen membuat slime sendiri di rumah.

Salah satu cara membuat slime yang mudah dilakukan adalah dengan bahan GOM.

Cara ini telah terbukti dapat membuat slime yang cukup bening, elastis dan kenyal seperti slime yang dibuat oleh pabrik slime yang asli.

Selain itu, cara ini juga terbilang praktis dan cepat serta kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuatnya.

Penjelasan Mengenai GOM

Cara Mudah Membuat Slime dengan GOM
Source: Tokopedia.com

Pengertian GOM

Sebelum menuju praktik pembuatannya, apakah kamu sudah tahu apa itu GOM? GOM  merupakan nama lain dari Borax Glycerine, sebuah obat untuk mengatasi masalah pada rongga mulut atau tenggorokan salah satunya sariawan.

Jadi GOM sebenarnya bukan bahan untuk dibuat mainan, apalagi untuk mainan anak. Ini dapat beresiko jika sewaktu-waktu anak mencoba untuk memakannya.

Tapi untuk sekedar dibuat mainan anak-anak yang sudah beranjak remaja, ini akan aman saja. Asalkan selalu menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan sebelum dan sesudah memakai slime.

Kegunaan GOM

GOM bukanlah bahan utama untuk membuat slime, melainkan hanya digunakan sebagai bahan tambahan.

Kegunaannya yaitu untuk membuat adonan slime menjadi kenyal dan elastis. Hasil kenyal dan elastis inilah yang membuat adonan terasa seperti slime yang asli.

Cara mendapatkan GOM

Untuk mendapatkannya, kamu dapat membeli di Apotek terdekat. Tapi tenang saja, kamu tidak akan dimintai resep dari dokter untuk membelinya.

Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan slime activator sebagai pengganti GOM dan pengental adonan slime. Kamu dapat mendapatkannya dengan mudah secara online, baik itu di marketplace maupun toko online lain.

Cara membuat slime dengan GOM

Cara membuat slime dengan GOM
Illustration Image: Cara membuat slime dengan GOM

Untuk mulai membuat slime dengan GOM, kamu dapat mengikuti cara berikut ini.

Artikel Terkait:

Siapkan alat:

  • Wadah plastik ukuran sedang
  • Pengaduk

Siapkan bahan:

  • GOM / Borax Glycerine (sebagai Pengental dan pengelastis adonan slime)
  • Lem fox (sebagai bahan utama untuk dibuat slime)
  • Pewarna makanan (untuk membuat variasi warna pada slime agar terlihat menarik)

Langkah-langkah membuat slime

Berikut langkah-langkah mudah membuat slime dengan GOM di rumah.

  1. Tuangkan lem fox yang sudah disediakan ke dalam wadah plastik ukuran sedang.
  2. Segera tambahkan GOM antara 1-2 tetes.
  3. Gunakan pengaduk untuk mengaduk adonan agar dapat tercampur merata.
  4. Setelah dirasa cukup, tambahkan pewarna makanan beberapa tetes. Kemudian terus aduk kembali sampai merata.
  5. Jika kamu ingin membuat slime menjadi beberapa warna, sebelum langkah 4 dilakukan, pisah terlebih dahulu adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan warna yang kamu inginkan.
  6. Setelah adonan teksturnya benar-benar sudah sesuai yaitu mengental dan elastis, berarti adonan slime siap digunakan. Jika belum, tambahkan beberapa tetes GOM kembali.

Membuat slime dengan cara tersebut hanya membutuhkan waktu kurang dari ½ jam. cara tersebut juga terbilang sangat praktis serta tidak butuh banyak bahan untuk membuatnya.

Kekurangan Cara Membuat Slime dengan GOM

Dengan berbagai kelebihannya seperti cara membuat slime yang sangat praktis serta bahan-bahannya yang mudah didapat, ternyata ada juga kekurangan yang perlu kamu ketahui.

Kekurangan pertama yang sudah tampak jelas yaitu bahan yang digunakan adalah GOM atau borax. Jadi, kamu perlu berhati-hati jika slime digunakan untuk anak-anak.

Untungnya kamu tidak perlu lagi khawatir karena sekarang ada slime activator yang dapat dipakai sebagai bahan alternatif pengganti GOM atau borax.

Fungsi slime activator sama dengan GOM yaitu untuk mengentalkan dan membuat slime jadi elastis. Namun Slime activator lebih aman dipakai dibandingkan dengan GOM.

 Kekurangan yang kedua yaitu warna dari slime yang tidak begitu bening. Walaupun sudah memakai pewarna, tapi tetap saja warna slime yang dihasilkan tampak agak pucat dan buram.

Sehingga ini akan membuat anak tidak begitu tertarik dengan slime yang sudah kamu buat.

Kekurangan lainnya adalah tidak dapat bertahan lama dan mudah mencair. Slime dengan bahan ini hanya bertahan beberapa hari sampai minggu saja.

Tips Membuat slime dengan GOM

Agar slime yang sudah kita buat sesuai dengan yang kita inginkan, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut.

  1. Simpan slime pada tempat tertutup. Slime yang terus dibiarkan berada di tempat terbuka akan mudah mencari karena udara mengandung air yang dapat membuatnya lebih cepat mencair dari biasanya. Untuk mengatasinya, setelah slime selesai digunakan, simpan slime pada tempat tertutup atau bisa disimpan pada kulkas.
  2. Tambahkan beberapa tetes baby oil. Jika slime yang sudah berhasil dibuat terasa lengket ditangan, kamu bisa menambahkan beberapa tetes baby oil agar tidak lagi terasa lengket.
  3. GOM atau Slime Activator adalah bahan wajib. Walaupun GOM dan Slime Activator merupakan bahan tambahan saja, nyatanya bahan tersebut merupakan penentu apakah slime akan berhasil dibuat atau tidak. Untuk itu, selalu perhatikan jika salah satu dari keduanya (GOM / Slime Activator) telah ditambahkan dalam adonan.

Bagaimana dengan cara membuat slime dari bahan GOM diatas? Apakah kamu sudah tertarik untuk mencobanya?