Praktis! 8+ Cara Membuat Slime dengan Shampo dan Garam

Praktis! 8+ Cara Membuat Slime dengan Shampo dan Garam

Apakah kamu percaya kalau slime ternyata bisa dibuat hanya dengan dua bahan saja yaitu shampo dan garam? Ya, hanya dua bahan saja.

Tentu ada bahan tambahan berupa slime activator agar adonan dapat kenyal dan elastis.

Banyak orang kreatif yang mencoba mencampurkan berbagai bahan untuk dibuat slime. Bahkan bahan yang digunakan mudah di dapat dirumah, seperti shampo dan garam.

Awalnya mungkin kamu tidak percaya jika shampo dan garam benar-benar bisa untuk dibuat slime. Tapi kamu perlu percaya cara tersebut karena nyatanya banyak orang sudah membuktikan cara ini.

Cara ini cocok untuk kamu nggak suka cara ribet dan ingin yang mudah serta praktis.

Penjelasan Mengenai Slime

Sebelum membahas tentang cara membuatnya, kamu sendiri apakah sudah tahu apa itu slime? Dan apa kegunaan dari slime?

Kata `slime’ berasal dari bahasa inggris yang artinya lendir. Tapi jangan merasa jijik dulu, karena slime disini bukan kotoran atau sejenisnya, melainkan sebuah mainan untuk anak.

Mainan ini memiliki bentuk yang elastis dan bisa dibuat menjadi bentuk apapun.

Slime pertama kali diproduksi oleh perusahaan bernama Mattel yang pengerjaannya pada tahun 1976. Dari sini, slime mulai banyak dikenal dan tersebar ke berbagai penjuru dunia hingga menjadi populer sampai sekarang ini.

Mainan slime sendiri berguna untuk perkembangan anak, khususnya perkembangan sistem motorik halus anak. Anak akan dengan sendirinya membuat bentuk atau pola slime yang diimajinasikan.

Selain itu juga dapat memacu kreativitasnya untuk membuat  atau meniru objek di sekitarnya.

Cara Membuat Slime dengan Shampo dan Garam

Siapkan alat dan bahan

Sebelum mulai membentuk slime, yang pertama kamu lakukan adalah siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Shampo yang akan digunakan bisa dari merk apa saja asalkan tidak terlalu encer dan cukup  kental.

Kamu bisa memilih antara merk shampo dove, sunsilk, pantene atau bisa juga merk caviar.

Bahan lainnya yaitu garam, kamu bisa memilih garam yang halus agar nantinya adonan cepat tercampur dan hasil yang dibuat bisa terasa lembut.

Ada bahan tambahan berupa slime activator. Slime activator digunakan untuk membuat kekenyalan pada adonan. Tanpa bahan satu ini, adonan yang dibuat tidak akan kenyal dan hanya bertahan sebentar saja.

jika kamu sulit menemukan slime activator, bisa memakai bahan pengganti yaitu obat sariawan GOM yang banyak dijual di apotek.

Sedangkan alat yang kamu perlukan hanyalah wadah plastik ukuran sedang dan pengaduk adonan.

Langkah-Langkah Membuat Slime dengan Shampo dan Garam

Setelah alat dan bahan yang diperlukan sudah ada, ikuti langkah berikut untuk mulai membentuk slime dengan shampo dan garam.

1. Aduk shampo dan garam pada wadah plastik yang sudah dipersiapkan

Pertama, aduk shampo 4 sendok makan dan garam halus 2 sendok makan pada wadah plastik yang sebelumnya sudah dipersiapkan.

Aduk adonan menggunakan pengaduk sampai merata dan adonan jadi kental. Proses ini hanya berlangsung beberapa menit.

2. Tambahkan slime activator atau obat sariawan GOM

Tambahkan slime activator atau obat sariawan GOM hanya 1 sendok makan dan kemudian lakukan pengadukan kembali.

Jika sebelumnya adonan belum terasa kenyal, maka setelah ditambahkan slime activator atau GOM ini adonan akan benar-benar kenyal, elastis dan tidak mudah patah.

3. Masukkan adonan ke dalam Freezer atau lemari es

Langkah terakhir adalah masukkan adonan slime pada freezer atau lemari es sekitar 20 menit. Cara ini bertujuan untuk membuatnya bisa bertahan lebih lama daripada tidak dimasukkan pada freezer sama sekali.

4. Foila! Slime sudah berhasil dibuat dan bisa digunakan

Kamu sudah bisa menggunakan slime yang kamu buat tanpa membutuhkan waktu lama, bahkan hanya butuh waktu sekitar 30 menit.

Cara yang sangat praktis dan simpel bukan?

Kekurangan Membuat Slime dengan Shampo dan Garam

Setiap hal yang dilakukan pasti ada kelebihan dan kekurangannya, begitu pula dengan cara membuat slime satu ini.

Walaupun caranya sangat mudah, praktis dan simpel, nyatanya membuat slime dengan shampo dan garam memiliki kekurangan yaitu tidak dapat bertahan lama serta seringkali terasa lengket.

Slime yang dihasilkan sering terasa lengket saat digunakan pada tangan, sehingga akan mengganggu bermain anak.

Dan setelah digunakan beberapa minggu atau bulan, slime akan segera mencair dan tidak lagi bisa dipakai anak untuk bermain.

Tips Membuat Slime dengan Shampo dan Garam

Upss, jangan patah arang dulu. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat dan sesudah membuat slime agar nantinya slime dapat bertahan lebih lama dan tidak lengket.

1. Jika adonan slime yang sudah jadi terasa lengket, tambahkan beberapa tetes baby oil

Jika kamu telah selesai membuat slime namun hasilnya terasa lengket, tambahkan kira-kira 3-5 tetes baby oil pada slime tersebut.

Baby oil tidak lagi membuat slime terasa lengket. Selain itu juga dapat membuat slime terasa lebih lembut saat digunakan.

2. tambahkan variasi warna slime dengan pewarna makanan

Sebenarnya ini tidak ada kaitannya dengan slime yang mudah mencair dan lengket. Tapi tips satu ini bisa berguna agar anak semakin semangat untuk bermain slime yang sudah kamu buat.

 Caranya yaitu dengan menambahkan  pewarna makanan supaya hasil buatan slime berwarna-warni dan menarik perhatian anak.

Cara ini dapat kamu aplikasikan saat sedang mencampur bahan shampo dan garam.

3. Simpan slime yang sudah jadi pada tempat tertutup

Udara bebas mengandung air yang dapat mengoksidasi slime sehingga hanya beberapa minggu atau bahkan hari saja slime sudah mencair.

 Untuk itu, tips satu ini menjadi cara yang cukup ampuh untuk memperpanjang lama slime agar tidak mudah mencair.

Selain pada tempat tertutup, slime juga dapat ditempatkan pada lemari es saat sedang tidak digunakan.

4. Menambahkan slime activator atau obat sariawan GOM adalah hal wajib

Jika anda tidak menambahkan slime activator atau obat sariawan GOM pada saat membuat adonan slime, maka slime yang sudah jadi hanya akan tampak seperti shampo kental saja dan tidak akan bisa dimainkan.

Karena itu, menambahkan slime activator atau obat sariawan GOM merupakan hal yang wajib.

Selain dua bahan tersebut, alternatif lainnya adalah insto atau obat tetes mata. Bahan ini memiliki fungsi sama seperti slime activator atau obat sariawan GOM.


Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan cara membuat slime dengan shampo dan garam?

Pada dasarnya cara ini memiliki kelemahan yaitu tidak bisa tahan lama dan lengket. Tapi dengan melakukan beberapa tips diatas, maka kekurangan tersebut dapat dikurangi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Close Menu