√ 4+ Cara Ampuh Menghitamkan Sepatu yang Warnanya Memudar

cara menghitamkan sepatu

Memiliki sepatu hitam beresiko warnanya memudar seiring dengan pemakaian yang semakin lama. Apalagi jika sepatu tersebut digunakan sehari-hari, maka warnanya bisa memudar lebih cepat dari perkiraan. Jika sudah begini, kamu harus mengembalikan warnanya agar hitam kembali.

Warna hitam memang sudah menjadi standar kebanyakan sepatu, misalnya saja orang kantoran yang mayoritas menggunakan sepatu berwarna hitam. Lalu para pelajar mulai dari SD hingga SMA juga diwajibkan memakai sepatu berwarna hitam.

Sepatu hitam tidak mudah kotor, walaupun warnanya juga bisa memudar seiring dengan pemakaiannya yang lama dan sering terkena air. Untuk itu, mari kita simak beberapa tahapan mudah cara menghitamkan sepatu yang pudar warnanya.

Baca Juga: Cara menghilangkan Uban dengan Minyak Kayu Putih

Cara Menghitamkan Sepatu

1. Gunakan Semir Sepatu

Yang pertama gunakan semir yang memang dikhususkan untuk menyemir sepatu. Tidak hanya berguna membuat sepatu mengkilap, namun juga bisa mengembalikan warna sepatumu yang pudar. Cara ini yang paling ampuh dan banyak dilakukan banyak orang.

Untuk cara pemakaiannya, pertama kamu bisa menyiapkan krim semir sepatu terlebih dahulu. Nah, lalu ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini:

  • Bersihkan sepatu dengan kain terlebih dahulu agar debu serta kotoran yang menempel bisa dihilangkan.
  • Aplikasikan semir ke seluruh bagian sepatu.
  • Ratakan semir menggunakan sikat dengan jenis horsehair brush.
  • Poleskan dan semir sepatu menggunakan kain bertekstur lembut.
  • Jemur sepatu hingga beberapa jam, atau tunggu hingga sepatu benar-benar kering.
  • Jika dirasa warnanya kurang hitam atau hasilnya tidak maksimal. Lakukan penyemiran lagi seperti langkah-langkah diatas.
  • Sepatu siap kamu gunakan kembali.

Nah, dengan mengikuti langkah di atas kamu sudah bisa menghitamkan sepatu yang sudah memudar. Perlu diketahui kalau menggunakan semir sepatu hanya bisa diaplikasikan di sepatu kulit, bukan sepatu kain atau bludru.

Misalnya anda menggunakan semir pada sepatu berjenis kain, maka semir tersebut bisa menggumpal pada serat kainnya. Berbeda halnya jika diaplikasikan di sepatu kulit, semir bisa merata sempurna.

2. Pewarna Kain

Lalu selanjutnya kamu bisa menggunakan pewarna kain untuk mengecat kembali sepatu yang pudar warnanya. Tentu cara ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah karena selain mudah juga bahan pewarna kain mudah ditemukan.

Kamu tidak perlu memakai pewarna kain yang terlalu mahal, cukup lakukan dengan pewarna berharga murah meriah. Tentu pewarna kain tidak hanya untuk sepatu kulit, tapi sepatu dengan bahan dasar kain seperti canvas dan sepatu sekolah juga bisa.

Setelah mempersiapkan bahan utama yaitu pewarna kain, mari simak beberapa langkah cara pengaplikasiannya.

  • Lepaskan tali yang masih terdapat disepatu.
  • Bersihkan sepatu hingga kotoran dan debu terangkat. Bersihkan pula agar warna hitam sepatu semakin memudar sehingga pewarna lain bisa lebih melekat.
  • Jemur sepatu hingga kering.
  • Lalu rebus air hingga mendidih. Masukkan pewarna kain yang sudah disiapkan ke dalamnya.
  • Tunggu hingga warna air menjadi hitam pekat. Jika sudah, masukkan sepatu ke dalamnya sambil kecilkan api kompor.
  •  Sebaiknya masukkan sepatu ketika airnya sudah semakin hangat, jangan pas panas-panasnya karena bisa merusak sepatu.
  • Angkat sepatu dari panci dan jemur hingga benar-benar kering.
  • Sepatu siap kamu gunakan.

3. Semir Rambut

Bila kedua cara diatas tidak cukup ampuh membuat sepatumu tampak hitam seperti yang kamu inginkan, maka simak cara ketiga yang bisa diterapkan ini. Cukup andalkan semir yang berharga murah, yakni sekitar 12 ribu hingga 20 ribuan saja. Dijamin hasilnya akan tetap bagus daripada harus mengeluarkan biaya lebih untuk membelinya.

Lalu semir rambut cocok untuk jenis sepatu apa? Sebaiknya gunakan semir ini untuk sepatu canvas atau jenis sneaker. Berikut tahapan cara menggunakan semir sepatu untuk menghitamkan warna sepatu yang pudar:

  • Bersihkan seluruh bagian sepatu tanpa terkecuali. Hilangkan semua kotoran yang masih menempel di sepatu lalu keringkan.
  • Jika ada bagian sepatu yang berlainan warna, kamu cukup menutupinya menggunakan lakban atau solasi.
  • Buat pasta menggunakan semir rambut yang sudah disiapkan.
  • Aplikasikan semir di seluruh permukaan sepatu menggunakan sikat.
  • Keringkan jika tahapan diatas sudah selesai.
  • Mungkin warnanya akan tampak memudar sesaat setelah mengaplikasikan semir, tapi warnanya akan tampak hitam pekat ketika sepatu sudah kering.

4. Spidol Hitam

Cara lain yang juga cukup ampuh adalah menggunakan spidol berwarna hitam. Ini bisa kamu lakukan ketika ketiga cara diatas kurang maksimal hasilnya atau ketika kamu butuh waktu yang super cepat menghitamkan sepatu.

Bagi kamu pelajar yang bangun kesiangan dan belum sempat menghitamkan sepatu, atau pekerja di kantor yang butuh waktu cepat menghitamkan sepatu karena lupa melulu. Simak cara pengaplikasian spidol untuk mengembalikan warna hitam sepatu yang memudar.

  • Bersihkan sepatu dari kotoran dan debu yang menempel.
  • Pakai spidol warna hitam permanen untuk menghitamkan warna sepatu. Aplikasikan di area sepatu yang pudar saja, jangan semua.
  • Goreskan spidol dengan alur searah agar warnanya tampak rapi.
  •  Setelah selesai, jemur sepatu hingga kering.

Pewarnaan ini tidak bisa bertahan hingga waktu lama, apalagi jika digunakan di sepatu anak-anak yang sering dibawa bermain air.

Cara Perawatan agar Warna Hitam Sepatu Awet

Cara menghitamkan sepatu diatas tentu tidak akan berbuah hasil jika perawatan setelahnya tidak dilakukan dengan baik dan benar. Misalnya saja sepatu terlalu sering terkena air, dicuci dengan asal-asalan hingga tidak pernah dicuci sampai kotoran dan debu melekat di sepatu.

Menghitamkan sepatu adalah cara mudah yang bisa dilakukan sendiri di rumah, selain itu bahan-bahannya sangat mudah ditemukan serta tidak dijual mahal.

Nah, di bawah ini adalah cara perawatan agar warna hitam sepatu tetap awet.

1.  Rajin Bersihkan Sepatu

Tentu kita tidak ingin kalau sepatu kotor dan warna hitamnya tertutupi oleh debu dan kotoran. Untuk itulah kegunaan dari rajin membersihkan sepatu. Setidaknya bersihkan sepatu setiap akhir pekan, atau bisa 2 minggu sekali jika pemakaian sepatu tidak terlalu sering.

Sepatu sangat mudah hilang warnanya jika tidak mudah dibersihkan. Tidak hanya untuk sepatu hitam saja, tapi juga berlaku untuk semua warna sepatu.

2. Gunakan Sepatu  di Tempat Bersih

Perawatan yang satu ini tentu sudah sangat kamu pahami yakni hanya gunakan sepatu di tempat yang bersih. Namun walaupun tempat tampak bersih, kegiatan sehari-hari misalnya berjalan kaki di tempat keramaian sebetulnya membuat sepatu bernoda dan kotor.

Untuk itu lihatlah tempat yang hendak kamu jajaki. Gunakan alas kaki berbeda jika tempatnya begitu kotor.

Kesimpulan

Itu dia cara menghitamkan sepatu yang caranya sangatlah mudah hingga bisa dilakukan sendiri di rumah. Walaupun tampak tidak kurang meyakinkan, namun hasilnya cukup ampuh dan layak kamu coba sendiri. Semoga membantu dan bermanfaat.