7 Manfaat dan Efek Samping Sabun Bamboo, Ketahui Sebelum Memakainya

7 Manfaat dan Efek Samping Sabun Bamboo, Ketahui Sebelum Memakainya

Femaleez.com – Jika membicarakan sabun muka yang memiliki banyak manfaat, Salah satu yang bisa menjadi pertimbangan adalah sabun Bamboo. Sabun ini menggunakan bahan dasar arang hitam pilihan yang membuat banyak orang penasaran, apakah aman atau bahaya?

Karena hal itu pula, banyak para beauty vlogger yang secara “ramai” melakukan review langsung mengenai sabun Bamboo ini untuk menguji apakah sabun memiliki manfaat untuk kulit atau justru berbahaya dan memicu efek samping.

Apa itu Sabun Bamboo?

MSI Bamboo Brightening Charcoal Soap, atau lebih dikenal dengan Sabun Bamboo MSI, adalah sabun cuci muka dengan arang bambu sebagai bahan utama. Tapi kamu jangan berpikir untuk memakai arang bambu buatan sendiri atau beli arang utuh karena tentu saja itu berbeda.

Arang bambu yang dijadikan bahan utama ini telah dilakukan “pengaktifan” yang melewati berbagai proses dengan uap suhu tinggi untuk mengeluarkan zat karbon di dalamnya. Sehingga zat yang terkandung dalam arang bambu akan dengan mudah terserap ke dalam kulit.

Sabun Bamboo sebenarnya tidak hanya dari merk MSI, tapi Hanasui juga memiliki produk bernama Extra Bamboo Charcoal Soap yang telah terdaftar di BPOM dengan No. reg: NA18210500451. Jadi bisa dipastikan kalau sabun dari arang tersebut aman digunakan sehari-hari asalkan cara pemakaiannya sudah benar.

Advertisement

Manfaat Sabun Bamboo

Berbicara tentang kegunaannya, sabun Bamboo memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

1. Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati merupakan salah satu penyebab kulit terlilhat kusam, kusut dan tidak tampak cerah. Ini bisa terjadi karena sel kulit mati yang tidak terangkat lama-kelamaan akan menumpuk dan tidak akan terjadi pertumbuhan sel kulit baru.

Untuk mengangkatnya, ada pilihan lain selain memakai scrub yaitu sabun Bamboo ini. Kandungan arang aktif didalamnya akan dengan mudah mengangkat sel kulit mati sehingga sel kulit yang baru akan segera tumbuh dan kulit kembali cerah.

Baca Juga: Langkah-Langkah dan Cara memakai sabun Bamboo MSI yang Benar

2. Membantu menghilangkan jerawat

Jerawat timbul karena adanya bakteri yang menyerang kulit wajah sehingga kulit mengalami peradangan dan timbul benjolan kemerahan. Jika kamu sedang melakukan perawatan untuk menghilangkannya, memakai sabun arang bambu ini akan dapat membantu.

Kandungan yang dihasilkan dari proses penguapan saat pembuatannya, membuat sabun ini dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Perawatan secara rutin dengan sabun ini dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan terawat.

Baca Juga: Cara Memakai Bedak kelly agar Wajah Cepat Putih Glowing

3. Mengangkat kotoran sampai ke pori

Fungsi utama sabun memang untuk membersihkan kulit dari kotoran. Namun berbeda dari sabun biasa, sabun dengan bahan arang bambu ini lebih baik dalam membersihkan kotoran bahkan kotoran dalam ukuran mikro sekalipun. Kotoran ukuran mikro seperti bakteri dapat dibersihkan karena kandungan dalam arang yang telah diproses sebelumnya.

Advertisement

Selain itu, ada perbedaan lain yakni sabun biasa seringkali mengandung surfaktan yang hanya membersihkan kotoran pada permukaan kulit saja. Sedangkan kotoran di dalam pori tertinggal dan pada akhirnya terjadi penyumbatan pori yang bisa berakibat munculnya berbagai masalah kulit.

Berbeda dengan sabun multifungsi ini, kandungan arang aktif akan mudah meresap dan mengeluarkan kotoran sampai ke dalam pori-pori.

4. Mencerahkan kulit

Sel kulit mati yang terangkat dengan memakai sabun ini merupakan kabar baik agar kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih cerah. Karena saat sel kulit mati dapat terangkat semua, maka sel kulit baru akan segera tumbuh mengalami pembaharuan sel.

Saat fase inilah, kamu perlu melakukan rangkaian perawatan untuk mencerahkan kulit agar sel kulit dapat lebih cepat tumbuh sekaligus menutrisinya.

Efek Samping Sabun Bamboo

Selain memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, sabun Bamboo juga memiliki beberapa kekurangan dan efek samping.

1. Tidak cocok untuk kulit sensitif

Sabun ini cenderung cocok untuk jenis kulit kering maupun berminyak, namun kurang cocok untuk kulit yang sensitif. Jika kamu mempunyai kulit sensitif, sebaiknya lebih berhati-hati memakai sabun ini karena kandungan arang aktif kurang cocok saat digunakan pada kulit sensitif.

Atau jika kamu tetap ingin memakainya, uji cobakan sabun ini disebagian kulit. Lihatlah apakah muncul efek negatif pada kulit atau tidak. Jika masih ragu, ada baiknya konsultasikan ke dokter terkait masalah ini.

2. Awal pemakaian yang kurang nyaman

Saat awal pemakaian sabun yaitu sekitar 2-3 hari, kulit seringkali merasakan rasa clekit dan sedikit panas. Dan ini yang menimbulkan banyak pernyataan kurang baik terhadap produk sabun ini.

Perlu kamu ketahui, sabun Bamboo ini hanya akan terasa kurang nyaman pada kulit hanya pada beberapa hari awal saja. Sedangkan hari-hari selanjutnya tidak akan terasa bahkan cenderung terasa nyaman di kulit.

3. Tidak cocok untuk bayi

Jika kamu berencana memakaikan sabun ini untuk bayi, sebaiknya urungkan niatmu karena sabun Bamboo tidak cocok untuk kulit bayi. Kandungan Sodium hydroxide dalam sabun ini dapat menimbulkan reaksi berlebih pada kulit bayi yang masih sensitif.

Selain itu, kulit bayi juga sangat rentan dengan sabun-sabun yang memiliki kandungan aktif seperti sabun dari arang bambu satu ini.

Baca Juga: 5 Efek Samping Serum Hanasui yang Wajib Diwaspadai, Bahaya?


Bagaimana, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja manfaat dan efek samping sabun Bamboo? Agar mendapatkan manfaatnya, pakailah sabun Bamboo dengan benar, jangan berlebihan. Selain itu kamu harus lebih berhati-hati jika kulitmu sensitif, bisa uji cobakan sabun dengan mengaplikasikannya di sebagian kulit. Semoga membantu.