Perlu Tahu! Ini 4 Efek Samping Masker Tepung Beras Jika Kamu Memakainya

Perlu Tahu! Ini 4 Efek Samping Masker Tepung Beras Jika Kamu Memakainya

Dengan banyaknya inovasi dunia kecantikan saat ini, siapapun akan sangat mudah untuk merawat wajah, menjadikan wajah semakin cantik dan cerah berseri. Tapi itu pun dibarengi dengan harganya yang juga tidak murah.

Bagi yang sedang berhemat atau ingin mencoba perawatan alami yang bisa didapatkan dengan mudah, memakai masker dari tepung beras bisa menjadi pilihan.

Selain lebih murah, tepung beras juga sangat mudah didapat di penjual warung terdekat. Terdapat kandungan yang bermanfaat untuk kecantikan dalam tepung beras ini, misalnya allantoin, tirosinase dan nutrisi lainnya.

Baca Juga: 6 Macam Produk Fair and Lovely Lengkap – Cerahkan Kulit Wajah Seketika!

Apa Itu Tepung Beras?

Apa Itu Tepung Beras?

Ketika padi yang sudah tua dipanen, dipisahkan dari sekamnya, dibersihkan dan kemudian ditumbuk/diblender menjadi bubuk, itulah yang akan menjadi tepung beras.

Tepung beras menjadi bahan yang berguna untuk memasak berbagai makanan. Bahkan tepung beras juga berguna sebagai bahan masker kecantikan.

Apa Saja Kandungan Tepung Beras?

Tepung beras mengandung allantoin, asam para aminobenzoic dan asam ferulic. Allantoin memiliki sifat anti-radang untuk memperbaiki sel kulit yang rusak, asam para aminobenzic berfungsi meningkatkan penyerapan vitamin C dan asam ferulic berguna sebagai antioksidan.

Efek Samping Masker Tepung Beras

Namun disamping beberapa kandungan tersebut, tersimpan efek samping dari pemakaian masker tepung beras yang bisa dialami. Efek samping tersebut diantaranya:

1. Kulit Wajah Menjadi Kusam

Efek Samping Masker Tepung Beras - Kulit Wajah Menjadi Kusam

Memakai tepung beras dalam waktu yang lebih lama daripada ketentuannya dapat menjadi penyebab mengapa kulit menjadi kusam setelahnya. Kulit kusam ini terjadi karena sisa masker menutup area wajah.

Kusam juga bisa disebabkan karena penumpukan sel kulit mati yang semakin banyak setelah memakai masker tepung beras.

Langkah menanginya adalah dengan menghentikan pemakaian kemudian bersihkan dengan pembersih yang dikhususkan membersihkan kusam.

Baca Juga: 6 Efek Samping Natura Beauty Sprey yang Wajib Kamu Tahu

2. Menghilangkan Kelembaban Alami Kulit

Efek Samping Masker Tepung Beras - Menghilangkan Kelembaban Alami Kulit

 Sebetulnya memakai tepung yang dijadikan masker ada baiknya seminggu 1-2 kali saja. Tapi karena ada yang tidak sabaran menunggu hasil, akhirnya memakai masker keseringan bahkan setiap hari.

Di dalam tepung beras terdapat kandungan yang dapat menyerap minyak pada kulit wajah. jika terlalu sering, minyak alami yang menjaga kelembaban kulit dapat ikut terserap. Dan akhirnya kulit kehilangan kelembaban alaminya.

Karena itu, sangat disarankan untuk tidak memakai masker tepung beras setiap hari atau terlalu sering. Maksimal 1-2 kali dalam seminggu sudah cukup.

Untuk kulit yang sudah terlanjur mengering dapat segera hentikan pemakaian masker. Kemudian biarkan hingga beberapa hari dan tunggu apakah produksi minyak akan kembali atau tidak. Jika tidak, sebaiknya pakai pelembab yang sesuai jenis kulit.

3. Kulit Wajah Lebih Sensitif

Efek Samping Masker Tepung Beras - Kulit Wajah Lebih Sensitif

Penggunaan yang tepat masker tepung beras bisa membersihkan wajah dengan cara mengangkat sel kulit yang sudah mati. Wajah yang telah terangkat sel kulit matinya akan menjadi lebih tipis.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kulit wajah yang lebih tipis bisa menambah sensitivitasmu. Akibatnya kulit akan mudah terkena berbagai permasalahan wajah, misalnya kemerahan, iritasi hingga berjerawat.

Sebaiknya pakai tepung beras ini maksimal hanya 2 kali seminggu, jangan terlalu sering apalagi sehari sekali.

4. Menyumbat Pori-Pori Kulit

Efek Samping Masker Tepung Beras - Menyumbat Pori-Pori Kulit

Kamu perlu memperhatikan benar-benar jika masker tepung beras bisa saja menghambat pori-pori kulit wajah. apalagi jika kamu memiliki pori yang besar, ini akan semakin memudahkan setiap partikel tepung merangsak masuk ke dalam pori.

Tidak ada cara lain untuk membersihkannya kecuali dengan memakai pembersih wajah. pastikan memakai pembersih sesuai jenis kulit. bersihkan dengan teliti dan dan pastikan tidak ada tepung yang tertinggal.

Karena apabila ada yang tertinggal karena membersihkannya kurang benar, itu akan bisa membuat pori tersumbat dan dapat timbul jerawat. Tentu tidak mau kan jika wajah yang ingin di rawat tapi justru muncul masalah berupa jerawat?

Baca Juga: Perlu Kamu Ketahui, Inilah 5 Bahaya Memakai Garnier Sakura White untuk Wajah

Sebenarnya semua efek samping tersebut bisa kamu hindari jika memakainya dengan benar dan tidak berlebihan. Dan sebelum memutuskan untuk memakainya secara berlanjut, lakukan pengujian terlebih dahulu, apakah berefek pada kulitmu atau tidak.

Bisa jadi orang lain mendapatkan hasil wajah yang kinclong dll karena kulit mereka cocok. Dan jika kamu tidak mendapat hasil serupa, mungkin memakai masker tepung beras bukan cara yang tepat. Kemungkinan ada cara alami lain yang cocok untuk kulitmu seperti memakai madu, yogurt dan lainnya.

Tips Memakai Masker Tepung Beras

Perlu Tahu! Ini 4 Efek Samping Masker Tepung Beras Jika Sering Memakainya

Namun sebelum kamu berpindah “haluan”, kami akan beberapa memberi tips agar hasil memakai masker tepung lebih efektif dari sebelumnya.

1. Gunakan tepung Beras yang punya kualitas

Jika melirik ke pasaran saat ini, maka akan ada banyak brand dengan produk tepung berasnya masing-masing. Kamu tidak boleh memilih tepung beras yang asal-asalan, sebaiknya pilih tepung beras yang punya kualitas.

Biasanya yang punya harga lebih tinggi lah yang punya cukup kualitas. Jadi, jangan tergiur dengan harga murah, pastikan kualitasnya dahulu baru kemudian pilih.

2. Pakai masker sesuai ketentuan

Sudah kami bahas sebelumnya jika memakai masker tepung ini perlu sesuai ketentuan dan tidak boleh berlebihan, kira-kira maksimal 2 kali dalam seminggu.

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak berdampak baik dan justru dapat merusak, termasuk memakai masker tepung beras. Jadi gunakan masker seperlunya dan sesuai kebutuhan.

3. Sebaiknya pakai kuas khusus wajah

Memakai tangan ketika memakai masker memang tidak masalah, tapi sebaiknya gunakan kuas khusus wajah. cara ini agar masker lebih merata dan hasilnya juga akan lebih optimal. Setuju?

4. Campurkan bahan alami

Mencampurkan tepung beras dengan bahan alami tentu menjadi ide yang bagus agar manfaat masker semakin maksimal. Bahan alami akan menambah manfaat lain yang tidak bisa didapatkan jika hanya memakai bahan tepung beras, sehingga dalam sekali memakai masker banyak manfaat sekaligus yang didapat.

Tapi ingat ya, bahan alami, bukan bahan kimia. Bahan kimia mungkin memberikan manfaat yang dalam beberapa hari langsung terlihat, tapi ini lebih beresiko dan berbahaya.

Sedangkan bahan alami mungkin hasilnya akan terlihat lebih lama hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Tapi ini lebih efektif dalam menghasilkan wajah sesuai yang diharapkan, dan yang paling penting lebih aman dan tahan lama.

Contoh bahan-bahan alami yang bisa ditambahkan adalah susu, madu atau kunyit bubuk. Pilih tambahan bahannya salah satu saja. tiap tambahan bahan punya manfaat untuk kecantikan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu saat ini.

Baca Juga: 10 Manfaat Baby Oil untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Manfaat Masker Tepung Beras

Selain efek samping, ada pula manfaat yang bisa didapatkan dari masker buatan sendiri ini. manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dengan memakainya secara tepat.

1. Mencerahkan Wajah

Tepung beras mengandung mineral, asam amino dan vitamin yang merupakan kandungan untuk membantu mencerahkan kulit. Selain itu kadar kolagen juga akan meningkat dan kulit lebih elastis.

kandungan lain berupa tirosinase juga berguna untuk menghambat produksi menanin kulit, sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan putih.

2. Mencegah Penuaan

Apabila kamu ingin mencegah tanda penuaan dini, salah satu caranya dengan memakai masker satu ini. Mengandung anti-oksidan yang bisa membantu mengencangkan kulit.

selain itu ada pelembab untuk melembabkan kulit agar tidak kering. Manfaat ini bisa didapatkan dengan cara memadukannya dengan madu atau lidah buaya.

3. Menghilangkan Kantung Mata Gelap

Kantung mata yang gelap bisa disebabkan berbagai faktor salah satunya begadang. Jika sudah begini, bagaimana cara menghilangkannya? Kamu dapat memakai masker tepung beras.

Mengandung berbagai bahan alami yang bisa membantu menghilangkan mata panda ini. Cukup gunakan dengan tepat dan teratur.

Kesimpulan

Pada dasarnya setiap perawatan kecantikan dapat membuat hasil yang berbeda pada tiap wanita.Dan untuk yang tidak cocok, bisa saja timbul semacam efek samping atau gejala lain untuk menunjukkan ketidak cocokannya, begitu pula dengan masker tepung beras.

Intinya adalah selalu memaksimalkan perawatan sesuai dengan ketentuan pemakaian yang berlaku Semoga bermanfaat.