√6+ Merk Krim Pemutih Wajah yang Aman di Apotik + Harga Terbaru

krim pemutih wajah yang aman di apotik dan terdaftar di BPOM

Femaleez.com – Siapa sih yang nggak mau punya kulit putih bersinar? Tampaknya sebagian besar wanita di negara dengan mayoritas penduduk kulit sawo matang ini menginginkan warna kulit cantik tersebut.

Hal ini karena warna kulit putih dianggap sebagai warna kulit yang paling sempurna dan menjadi standar kecantikan seseorang. Namun tidak semua wanita beruntung memilikinya. karena itu, memakai produk krim pemutih wajah seringkali menjadi pilihan.

Jika kamu berpikir untuk memakai krim ini, maka kamu perlu berhati-hati karena ada beberapa oknum yang memanfaatkan situasi ini dengan menjual krim pemutih wajah palsu. Tentu hal tersebut bisa berbahaya sebab kandungan yang terdapat di dalam krim palsu biasanya merupakan bahan berbahaya yang seharusnya tidak dipakai pada kulit manusia.

Namun kamu tidak perlu takut, ada beberapa merk krim yang dijual di apotik dan aman digunakan serta telah terdaftar di BPOM dengan fungsinya untuk pemutih wajah.

√6+ Merk Krim Pemutih Wajah yang Aman di Apotik + Harga Terbaru

Yuk simak rekomendasi merk krim pemutih wajah yang aman di apotik serta telah terdaftar di BPOM sebagai berikut:

1. Vitaquin 5% CR 15G

krim pemutih wajah yang ampuh di apotik

Cream yang ampuh mengurangi hiperpigmentasi kulit

Vitaquin merupakan salah satu merk obat berbentuk krim yang dapat kamu temukan di apotik. Vitaquin mengandung bahan utama berupa hydroquinone yang berguna untuk menghambat proses perubahan warna kulit sehingga kulit dapat kembali putih dan cerah.

Produk ini memang bisa ditemukan di apotik. Namun untuk membelinya, harus dengan resep atau surat rujukan dari dokter.

Obat ini bisa digunakan untuk mencerahkan dan memutihkan kembali kulit yang menghitam akibat polusi atau sinar matahari.

Gejala awal penggunaan kemungkinan kulit akan terjadi iritasi ringan, kemerahan, reaksi inflamasi sampai kulit yang terasa kering.

Namun kamu tidak perlu takut karena efek tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring kamu memakai krim ini secara rutin sesuai resep dari dokter.


Komposisi: Hydroquinone

Dosis: Oleskan 1 x sehari

Golongan Obat: Obat Keras

Cara penggunaan: Oleskan tipis-tipis diarea kulit yang ingin diputihkan

Cara penyimpanan: Simpan di tempat kering dan sejuk, hindari terkena sinar matahari langsung

2. Melanox F CR 4% 15G

Melanox F CR 4% 15G

Memutihkan kulit wajah dalam waktu relatif singkat

Selanjutnya merupakan cream pemutih yang berasal dari merek Melanox. Dengan kandungan Hydroquinone hingga 4%, pemakaian yang tidak terlalu lama saja bisa memberikan hasil yang cukup signifikan.

Yang perlu kamu perhatikan adalah cream ini tidak cocok untuk kulit yang hipersensitif. Kulit yang mudah memunculkan gejala alergi sangat tidak dianjurkan karena beragam masalah bisa muncul jika setelah mengoleskannya.

kegunaan utama Melanox F CR 4% adalah mengatasi masalah hiperpigmentasi kulit seperti melasma, kloasma, noda hitam, dan hiperpigmentasi karena kelebihan melanin akibat kontrasepsi oral.


Komposisi: Hydroquinone

Dosis: Oleskan 1 x sehari

Golongan Obat: Obat Keras

Cara Pemakaian: Oleskan cream 1 x sehari pada malam hari

Cara penyimpanan: Simpan di tempat sejuk dan terhindar dari sinar matahari

3. Melanox CR 15G

merk krim pemutih wajah yang ampuh di apotik

Samarkan age spots, bintik dan noda hitam

Hampir sama dengan Vitaquin, merk obat pemutih ini mengandung hydroquinone yang bermanfaat untuk menghambat proses penumpukan pigmen warna kulit dan  menghalangi perubahan warnanya.

Kandungan hydroquinone juga dapat mengurangi flek dan noda hitam di wajah, warna kulit tidak merata serta kulit gelap akibat berbagai faktor seperti pil KB, perubahan suatu hormon sampai akibat sinar matahari.

Efek penggunaan awal krim ini juga bisa jadi membuatmu merasa tidak nyaman. Efeknya seperti iritasi ringan, kulit mengelupas, gatal yang bisa terjadi beberapa hari setelah menggunakannya.

Kamu tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena itu merupakan efek yang wajar. Penggunaan ringan dan sesuai anjuran apoteker atau dokter akan meminimalisir terjadinya efek samping.


Komposisi: Hydroquinone

Dosis: Oleskan 1 x sehari

Golongan Obat: Obat Keras

Cara penggunaan: Oleskan tipis pada malam hari, dan gunakan sunblock disiang hari

Cara penyimpanan: Simpan di tempat sejuk dan kering, hindari sinar matahari langsung

Baca Juga: 7 Produk Pemutih Wajah Wardah yang Wajib Diketahui

4. Nuface 0,05% CR 10G

krim pemutih yang aman

Mengandung Tretinoin untuk atasi jerawat dan komedo membandel

Dengan memakai krim Nuface ini, kulit wajah yang berjerawat dan berkomedo akan segera diatasi sehingga kulit semakin cerah serta putih bersih. Kandungan utamanya berupa Tretinoin, bentuk vitamin A yang bagus untuk perawatan kulit.

Sayangnya cream Nuface termasuk obat keras sehingga sebaiknya tidak digunakan jangka panjang. Selain itu krim ini juga dapat membantu menghilangkan masalah tekstur kulit yang berkurang seperti keriput dan kerutan halus di area wajah.

Manfaat lainnya dapat menghilangkan kulit wajah yang kusam karena polusi atau sinar matahari. Kamu memiliki benjolan-benjolan kecil yang membuat kulit terasa kasar? Cream Apotik satu ini bisa membantu mengatasinya.


Komposisi: Hydroquinone

Dosis: Oleskan 1 x sehari

Golongan Obat: Obat Keras

Cara penggunaan: Oleskan setiap malam sebelum tidur di area wajah bermasalah

Cara Penyimpanan: Simpan di tempat kering dan sejuk, hindari terkena sinar matahari

5. Mediquin Hydroquinone 5%

krim pemutih wajah yang terdaftar di BPOM

Hydroquinone 5% untuk atasi hiperpigmentasi kulit

Satu lagi merk krim di Apotik yang bisa mencerahkan dan memutihkan kulit wajah adalah Mediquin.

Sebenarnya krim ini memiliki kandungan utama yang sama dengan Vitaquin dan Melanox yaitu Hydroquinone.

Krim yang digunakan dalam jangka pendek ini mampu mengatasi kulit gelap dengan cara menghalangi hiperpigmentasi kulit. Sehingga dalam kurun waktu yang tidak begitu lama, kulit akan tampak lebih putih dan cerah.

Selain memutihkan kulit gelap, krim Mediquin juga bisa membantu mengurangi bintik hitam serta noda bekas jerawat. Jika kamu memiliki masalah noda hitam akibat usia, bisa gunakan krim ini untuk mengatasinya.


Komposisi: Hydroquinone

Dosis: Oleskan 1 x sehari

Golongan Obat: Obat Keras

Cara penggunaan: Oleskan di kulit 1 x sehari, hindari area mata karena mudah iritasi

Cara penyimpanan: Simpan di tempat sejuk dan kering, hindari area ruangan yang terkena sinar matahari

6. Retin-A 0.05

Krim Pemutih Wajah yang Aman di apotik

Banyak dokter yang merekomendasikan penggunaan Retin-A ketika hendak melakukan perawatan kulit.

Retin-A merupakan krim yang dapat kamu temukan di Apotik yang mengandung bentuk retinoid atau biasa disebut tretinoin dan dipercaya oleh banyak ahli sebagai obat anti penuaan topikal yang paling ampuh.

Ini bukan tanpa alasan, Retin-A banyak dipilih karena manfaatnya yang dapat mempercepat proses penghilangan sel kulit mati serta menjaga pori kulit agar tetap bersih.

Selain itu juga dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya, meningkatkan tekstur kulit, menghilangkan bintik hitam dan yang paling penting mampu menghapus proses hiperpigmentasi dari sinar matahari.Sehingga hasilnya kulit akan semakin bersih, sehat serta tampak lebih putih.

Awal memakainya akan timbul gejala seperti iritasi, kemerahan dan kulit kering sebagai hasil dari adaptasi kulit. Untuk meminimalkan iritasi, kamu bisa memakai facial wash atau pembersih wajah yang tidak menghilangkan kelembaban kulit.

Untuk meminimalkan iritasi, kamu bisa memakai facial wash atau pembersih wajah yang tidak menghilangkan kelembaban kulit.


Komposisi: Hydroquinone

Dosis: Oleskan 1 x sehari

Golongan Obat: Obat Keras

Cara penggunaan: Oleskan di malam hari sebelum tidur

Cara penyimpanan: SImpan ditempat kering dan hindarkan dari sinar matahari

Cara Memakai Krim

Agar hasil memutihkan wajah dapat berjalan maksimal, kamu bisa mengikuti cara memakai krim dengan tepat sebagai berikut:

  • Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan atau bisa mengikuti resep dari dokter.
  • Sebelum mulai mengoleskan krim pada wajah, terlebih dahulu coba oleskan krim pada tangan dan tunggu hasilnya sampai 24 jam. Jika terdapat luka serius, segera hentikan memakai krim tersebut. Jika tidak, maka kamu bisa melanjutkan perawatan dengan krim ini.
  • Hindari pengolesan krim pada area mulut, hidung dan mata. Jika terkena area tersebut, segera siram dengan air dengan jumlah banyak.
  • Saat kamu memakai krim pemutih, kulit akan lebih sensitif ketika terkena matahari. Karena itu, kamu perlu memakai tabir surya atau sebisa mungkin hindari terkena sinar matahari langsung.
  • Gunakan krim pemutih wajah rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Peringatan

Sebelum kamu membeli atau memakai salah satu krim pemutih wajah yang sudah disebutkan, ada beberapa aturan atau peringatan yang perlu kamu tahu.

  • Jangan gunakan krim jika kamu alergi terhadap berbagai kandungan didalamnya, salah satunya kandungan hydroquinone.
  • Tanyakan kepada apoteker atau dokter apa krim bisa atau aman jika digunakan pada masalah kesehatan tertentu, seperti asma, gangguan ginjal, liver atau jika kamu pengguna obat antibiotik.
  • Krim pemutih hanya digunakan untuk usia diatas 13 tahun.
  • Jangan digunakan pada kulit yang terbuka akibat luka serta masih basah, kulit kering dan kulit iritasi.
  • Jika kamu sedang hamil atau menyusui, hal ini juga perlu ditanyakan pada dokter atau apoteker apakah krim aman digunakan atau tidak.

Baca Juga: 15 Serum Pemutih wajah di Apotik Terbaik yang Bisa Kamu Coba (Terbaru 2020)

Alternatif – Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Jika kamu merasa ragu memakai krim pemutih wajah yang ada di apotik, kamu dapat memakai cara alternatifnya yaitu dengan bahan alami.

Cara memutihkan wajah ini menjadi alternatif yang bisa kamu coba karena selain tidak bahan kimia, kamu juga dapat menemukan bahan-bahannya di rumah.

1. Masker Lemon dan Bubuk Kunyit

Seperti yang kita tahu, lemon kaya akan vitamin C yang baik untuk membantu menghilangkan flek hitam dan kulit menggelap akibat sinar matahari.

Sedangkan kunyit mengandung antioksidan dan antiradang untuk menghindari kulit wajah dari iritasi dan peradangan.

  • siapkan 1 sendok teh kunyit dan 3 sendok teh perasan lemon
  • campurkan kedua bahan dan oleskan pada wajah serta leher
  • tunggu hingga 30 menit kemudian bersihkan dengan air dingin
  • cukup ulangi 1 kali sehari

2. Masker Jeruk Nipis dan Putih Telur

Sudah bukan rahasia lagi jika putih telur sering dijadikan masker alami untuk mencerahkan maupun memutihkan wajah. Tapi telur yang dipakai telur kampung ya, bukan dari ayam petelur.

  • siapkan 1 sendok teh perasan jeruk nipis dan 1 sendok teh putih telur
  • campurkan sampai merata kemudian oleskan pada leher dan wajah
  • diamkan sekitar 20-30 menit
  • bilas dengan air sampai bersih
  • ulangi setiap malam sebelum tidur

3. Masker Gel Lidah Buaya dan Lemon

Sekarang ini terdapat banyak produk skincare yang memakai lidah buaya sebagai bahan utamanya. Salah satu skincare dengan bahan utama lidah buaya yang cukup populer adalah Nature Republic Aloe Vera.

Lidah buaya memang dikenal baik untuk membantu mencerahkan wajah secara alami tanpa perlu memakai bahan kimia.

  • Siapkan 1 sendok teh lidah buaya dan 1 sendok teh perasan lemon
  • Campurkan kedua bahan dan kemudian oleskan pada wajah dan leher secara merata
  • Diamkan sekitar 20-30 menit
  • Bilas dengan air sampai bersih
  • BIsa ulangi cara ini setiap hari

Itulah daftar rekomendasi merk krim pemutih wajah yang aman di apotik. Serta tidak lupa saya memberi alternatif memutihkan wajah dengan bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah.

Yang perlu kamu perhatikan adalah manfaat dari setiap krim bisa berbeda-beda pada tiap orang tergantung pada jenis, kondisi serta karakteristik kulit masing-masing.

Tentang efek penggunaan krim pemutih, jika kamu mendapati gejala kulit alergi atau menunjukkan ketidak cocokan pada salah satu krim, maka kamu harus menghentikan penggunaannya dan segera hubungi dokter terkait.