Efek Samping Sabun Pepaya dan Susu Beruang, Berbahaya? | Femaleez Talk

Efek Samping Sabun Pepaya dan Susu Beruang, Berbahaya? | Femaleez Talk

Femaleez.com – Untuk meningkatkan tingkat kepercayaan diri khususnya seorang wanita, salah satu caranya adalah dengan mempunyai kulit wajah yang putih dan cerah bercahaya. Tidak ada cara mudah untuk mendapatkannya, namun ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tipe kulit wajah idaman tersebut.

Bahan alami menjadi pilihan banyak wanita untuk perawatan kulit wajah karena bisa dibilang aman dan hampir tidak memiliki efek samping. Bahan alami seperti pepaya bisa meningkatkan kecerahan kulit wajah karena mengandung berbagai vitamin alami seperti vitamin A dan C. Ada pula kandungan lain yang bisa memelihara kesehatan serta kecantikan kulit wajah.

Akhir-akhir ini sedang booming mengenai sabun pepaya dicampur dengan susu beruang yang digunakan untuk memutihkan kulit wajah dan membuat wajah tampak cerah glowing. Tapi apakah ini aman atau bahkan menimbulkan efek samping? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Kandungan Sabun Pepaya

Kandungan di dalam Sabun Pepaya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sabun pepaya mengandung bahan-bahan yang baik untuk perawatan kulit wajah, salah satunya adalah enzim papain. Enzim papain berkhasiat untuk mengelupas sel-sel kulit yang sudah mati. Bahkan bisa sekaligus merangsang pembentukan sel kulit yang baru.

Selain itu ada kandungan vitamin A, B kompleks, C dan E. Vitamin tersebut bagus untuk memelihara kulit dari berbagai tanda penuaan dini seperti keriput, flek hitam hingga warna kulit memudar. Ada banyak produk sabun pepaya yang dijual dengan berbagai merk. Pilihlah produk terbaik dengan ulasan positif para penggunanya serta kandungan yang tidak berbahaya.

Baca Juga: Selain Kulit Mengelupas, Ada Efek Sampin Fair & Lovely Lain yang Wajib Kamu Tahu

Kandungan Susu Beruang

Sejak video cara memutihkan kulit wajah memakai susu beruang viral, mulai banyak yang menanyakan mengenai apa saja kandungan di dalamnya. Susu beruang yang dimaksud adalah produksi Nestle yaitu susu Bear Brand, jadi bukan merupakan susu dari ‘induk’ beruang sungguhan.

Terdapat berbagai kandungan nutrisi di dalam susu beruang seperti protein, vitamin dan lemak. Selain bagus untuk pencernaan dan kesehatan tubuh, kandungan tersebut juga baik untuk merawat kulit wajah.

Vitamin D di dalam susu beruang dapat mengencangkan kulit wajah. Vitamin lain seperti vitamin A, B2, C, D hingga vitamin B12 bermanfaat untuk menutrisi setiap lapisan kulit wajah dan mengunci kelembaban kulit.

kamu bisa membaca Bahaya dan Efek samping Masker Susu Beruang sebelum memakainya karena hakikatnya susu beruang dibuat untuk dikonsumsi, bukan dibuat masker atau sejenisnya.

Efek Samping Sabun Pepaya dan Susu Beruang

Efek Samping Sabun Pepaya dan Susu Beruang
Source: Theshonet.com

Apakah Sabun Pepaya yang dicampur dengan Susu Beruang bisa memunculkan efek samping? Amankah digunakan? pertanyaan ini seringkali dilontarkan karena belum adanya penelitian tentangnya. Namun berdasarkan hasil review dari berbagai sumber, sabun pepaya dan susu beruang bisa memunculkan gejala efek samping apabila kulit tidak cocok dengan kandungan dalam campuran tersebut.

Baca Juga: Efek Samping Masker Kopi yang Wajib Kamu Ketahui

Kulit wajah akan memunculkan reaksi penolakan seperti jerawat, ruam kemerahan, kulit semakin sensitif, terasa perih, gatal-gatal hingga muncul bruntusan. Itu semua karena ketidakcocokan kulit atau alergi dengan kandungan dalam susu beruang serta sabun pepaya.

Oleh sebab itu, sebelum memakainya pada seluruh wajah, kamu bisa mencobanya terlebih dulu dengan cara mengaplikasikan pada satu sisi wajah. Lakukan eksperimen hingga beberapa kali dan tunggu hasilnya kelihatan. Apabila mendapat hasil sesuai keinginan, kamu bisa melanjutkannya pada seluruh wajah. tapi jika muncul reaksi negatif, segera hentikan pemakaian dan ganti dengan perawatan alami lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal kamu perlu menggunakannya dengan tidak berlebihan. Gunakan campuran bahan alami ini setidaknya 1-3 kali dalam seminggu. Apabila kulit memiliki kecocokan serta telah memakainya dengan benar, kamu hanya perlu rutin dan konsisten karena tidak ada hasil instan ketika melakukan perawatan memakai bahan alami.

Manfaat Sabun Pepaya dan Susu Beruang

Berbagai manfaat menakjubkan bisa kamu peroleh dengan menggunakan masker alami ini. Manfaat tersebut diantaranya:

  • memutihkan kulit wajah dengan cara menekan hiperpigmentasi kulit atau penggelapan yang diakibatkan paparan sinar UV matahari.
  • Mencerahkan kulit wajah dan membuat wajah tampak lebih glowing.
  • Menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini (bermanfaat sebagai anti-aging)
  • Melindungi kulit dari serangan radikal bebas.
  • Membantu samarkan keriput dan garis halus hasil dari penuaan kulit wajah.
  • Membantu proses eksfoliasi sel kulit mati sekaligus merangsang pembentukan sel kulit yang baru.
  • Mengontrol kadar sebum di wajah.
  • Memperlancar respirasi sel kulit wajah sehingga wajah tampak lebih fresh dan segar.
  • Mengunci kelembaban.
  • Mengencangkan dan membantu kulit wajah semakin elastis.
  • Menutrisi kulit wajah sehingga tampak lebih sehat dan cantik.
  • Menghaluskan kulit.

Cara Membuat Masker Susu Beruang dan Sabun Pepaya

Agar semakin lengkap pembahasan kali ini, berikut cara membuat masker Sabun Pepaya dan Susu Beruang yang direkomendasikan:

Baca Juga: Tutorial Cara Menggunakan Masker Gelatin untukAngkat Komedo

  • Parut sabun pepaya

Agar mudah dicampur dengan susu beruang, hal pertama yang dilakukan adalah dengan memarut sabun pepaya. Parutlah seperti kamu memarut coklat batangan atau buah kelapa.

  • Didihkan sabun pepaya dan susu beruang dalam panci

Masukkan parutan sabun pepaya dan susu beruang di dalam panci. Nyalakan apinya dan didihkan hingga sabun mencair dan kedua bahan tercampur merata. Setelah itu baru tuangkan campuran ke cetakan dengan bentuk-bentuk kue kecil.

  • Diamkan dan tunggu hingga dingin

Cetakan kue dipilih karena lebih praktis dan mudah. Tunggulah hasil cetakan tersebut hingga mengeras dan dingin.

  • Taruh dan diamkan di dalam kulkas

Selanjutnya setelah dingin dan mengeras, ambil hasil cetakan dan taruh di dalam kulkas. Apabila kamu ingin memakainya, tinggal ambil saja dan langsung gunakan sesuai kebutuhan. Lanjutkan membaca Cara Memakai Wardah Aloe Vera Gel untuk Masker Wajah atau Cara Menggunakan Setrika Wajah yang benar.