Inilah Efek Samping Sabun Dosting yang Wajib Kamu Ketahui (Update 2021)

Inilah Efek Samping Sabun Dosting yang Wajib Kamu Ketahui (Update 2021)

Femaleez.com – Sabun cuci muka tidak pernah terlepas dari rangkaian skincare yang digunakan sehari-hari. Produk ini sangat berguna untuk membersihkan kulit dari kotoran, debu, hingga keringat yang menempel dan membuat kulit tampak kusam.

Salah satu sabun muka yang sedang menjadi perhatian adalah sabun dosting. Sabun ini cukup menarik minat masyarakat, tidak hanya dari segi harga yang tergolong murah, manfaat yang ditawarkan juga cukup banyak.

Sebut saja bermanfaat mencerahkan kulit wajah. Memang tidak se efektif menggunakan krim pemutih, namun khasiat tersebut cukup menjanjikan terlebih lagi harganya yang murah di kantong. Jadi bisa buat coba-coba produk.

Lalu terdapat manfaat lainnya seperti mengangkat sel-sel kulit mati, menghilangkan bau badan, membersihkan pori-pori, samarkan bekas luka, serta membunuh bakteri dan kuman. Meskipun begitu, jangan hanya fokus pada manfaatnya karena ada beberapa efek samping sabun dosting yang wajib kamu ketahui!

Apa Itu Sabun Dosting?

Sebelumnya, kamu perlu tahu lebih dekat tentang sabun dosting. Sabun dosting atau sabun dosis tinggi adalah sabun yang dibuat tidak hanya untuk membersihkan kulit dari kotoran, tapi juga untuk keperluan lain misalnya mencerahkan kulit.

Sabun dengan nama “Dosting” ternyata tidak hanya satu produk. Hal ini karena ada 2 perusahaan (yang terdaftar di BPOM) yang memproduksi sabun pencerah kulit ini, jadi produk sabun yang dikeluarkan juga berbeda. Perbedaannya mulai dari nama produk, komposisi, serta harga.

Advertisement

Pertama adalah sabun dosting dari CV. Bengawan Jaya Abadi. Beberapa sabun yang terkenal diantaranya Dosting Natural Soap, Dosting Papaya Soap, Dosting Charcoal Soap dan Dosting Rich Bran Soap.

Lalu ada sabun dosting dari CV. Laras Natura yang memiliki produk bernama Dosting Magic Skin Glow Soap, Natural Glow Soap dan Glowing Face Magic Soap.

Baca Juga: 5 Efek Samping Memakai Ponds White Beauty Day Cream, Amankah?

Apakah Sabun Dosting Terdaftar di BPOM?

Apakah Sabun Dosting Terdaftar di BPOM?

Karena sabun dosting terdapat berbagai macam produk yang produsennya juga berbeda, maka tidak semua sabun dosting terdaftar di BPOM. Pilihlah sabun dosting produksi CV. Bengawan Jaya Abadi dan CV. Laras Natura yang telah terdaftar di BPOM sehingga kandungannya aman karena tidak mengandung bahan berbahaya.

Bukan berarti sabun dosting merk lain yang tidak terdaftar di BPOM tidak aman atau mengandung bahan berbahaya. Hal ini hanya sebagai langkah pencegahan supaya tidak tertipu sama sabun pencerah kulit tersebut karena tidak ada badan resmi pemerintah yang menjamin keamanannya.

Efek Samping Sabun Dosting

Beberapa efek samping sabun dosting yang harus diwaspadai diantaranya:

1. Kulit gatal-gatal

Efek samping pertama adalah kulit gatal-gatal. Jika kulit tidak cocok dengan formula di dalam sabun dosting yang dipakai, maka kulit akan menunjukkan reaksi penolakan yaitu munculnya gatal-gatal di area kulit yang dioleskan sabun.

Karena itu, kamu harus tahu kandungan di dalam sabun dosting apa yang tidak cocok sama kulitmu. Perhatikan juga jika kulitmu terlalu sensitif karena kulit akan lebih mungkin mengalami reaksi negatif satu ini.

Advertisement

Baca Juga: 12 Manfaat dan Efek Samping Cream HN yang Wajib di Ketahui

2. Muncul Kemerahan

Banyak orang mengalami reaksi positif pada kulit setelah memakai sabun dosting, tapi bukan berarti setiap orang akan mendapatkannya. Karena ada yang justru mengalami efek samping, salah satu tandanya adalah muncul kemerahan pada kulit.

Dengan dosis yang cukup tinggi serta ada kandungan fragrance (parfum) di dalamnya, kulit bisa mengalami reaksi ruam dan kemerahan. Jika muncul tanda ini, sebaiknya hentikan pemakaian sabun.

3. Iritasi

Iritasi juga bisa kamu alami jika kulit tidak cocok dengan kandungan di dalam sabun dosting. Sesuai namanya, sabun dosting adalah sabun dosis tinggi yang tidak semua orang dapat memakainya. Karena itulah berhati-hati sebelum memakainya diseluruh permukaan kulit, serta dapat lakukan uji coba produk.

Disamping itu, pemakaian berlebihan juga bisa mengakibatkan luka dan munculnya iritasi. Pemakaian sabun dosting yang direkomendasikan adalah 2-3 kali dalam sehari. Melebihi itu kurang baik karena dapat mengikis permukaan kulit.

4. Alergi

Setiap produk sabun dosting memiliki kandungan yang berbeda. Misalnya Dosting Papaya Soap yang mengandung buah pepaya dan Dosting Charcoal Soap yang mengandung arang atau karbon. Selain itu, keduanya sama-sama mengandung Kojic.

Simak berbagai kandungan sabun dosting berikut:

  • AHA
  • Glutathione
  • Vitamin C dan E
  • Collagen
  • Alpha Arbutin
  • Kojic
  • Coconut Oil
  • Glycerin
  • Fragrance

Jika kulitmu sensitif, maka lebih mungkin mengalami alergi akibat kandungan diatas, terutama akibat kandungan kojic, fragrance, atau glycerin.

Kamu bisa menghindari efek samping ini dengan menguji coba produk pada kulit tertutup atau belakang telinga. Pakailah sabun dosting hingga beberapa kali, kemudian lihat reaksi apa yang terjadi. Lanjutkan pemakaian jika tidak mengalami masalah pada kulit.

Apakah Sabun Dosting Aman Digunakan?

sabun dosting aman atau bahaya?
Sumber: Shopee.co.id

Jika sabun dosting yang kamu pakai adalah sabun yang telah terdaftar di BPOM, maka kamu akan aman-aman saja memakainya. Perhatikan supaya tidak berlebihan memakai sabun dosting dengan harapan agar manfaatnya lebih cepat di dapat.

Meskipun manfaatnya lebih cepat dirasakan, percumah kan jika muncul reaksi yang membuat kulit terasa tidak nyaman?

Saya merekomendasikan sabun dosting BPOM bukan berarti menyudutkan sabun dosting yang tidak ber BPOM karena mengandung merkuri atau sebagainya. Hanya saja sebagai pembeli kita harus waspada pada produk yang tidak jelas asal usulnya, tidak ada sertifikasi dari BPOM, MUI dan sebagainya.

Sabun dosting aman digunakan pada semua jenis kulit. Namun harus berhati-hati jika kulitmu tergolong sensitif, karena artinya kulit akan lebih sensitif terhadap kandungan-kandungan tertentu.

Akhir Kata

Sebenarnya tidak hanya kulit sensitif yang bisa mengalami reaksi efek samping. Apapun jenis kulitmu, kamu harus tetap waspada serta tetap memakai sabun dosting sesuai aturan pemakaian yang berlaku supaya tidak berbalik memunculkan efek samping. Semoga membantu.