√ Inilah Efek Samping Masker Kopi untuk Kulit Wajah, Berbahaya?

√ Inilah Efek Samping Masker Kopi untuk Kulit Wajah, Berbahaya?

Femaleez.com – Bukan hanya sebagai minuman yang memberi kenikmatan rasa, akan tetapi kopi juga bisa digunakan sebagai masker yang memberikan manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Banyak sumber yang menyebutkan tentang manfaat kopi sehingga banyak orang  mulai penasaran tentangnya.

Akan tetapi dari semua manfaatnya tersebut, menyimpan beberapa pertanyaan apakah masker kopi juga memiliki efek samping atau tidak. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan simak ulasan di bawah ini.

Efek Samping Masker Kopi

Selain banyak yang mempercayai khasiat dari masker kopi jika digunakan untuk wajah, ada beberapa yang masih meragukannya dan justru menyangka kalau masker ini dapat menimbulkan efek samping.

Hal ini wajar saja karena setiap perawatan kulit pasti memiliki kekurangannya, bahkan pada perawatan yang paling mahal sekalipun. Apalagi jika perawatannya menggunakan kopi dimana bahan ini sangat murah dan mudah didapat.

1. Apakah Kandungan Kafein bisa Mempengaruhi Kondisi Kulit?

Apakah Kandungan Kafein didalam kopi bisa Mempengaruhi Kondisi Kulit?

Kita semua tahu kalau kopi mengandung kafein yang cukup tinggi di dalamnya. Berdasarkan data pencarian di halaman penelusuran google, dalam 100 gram kopi mengandung sedikitnya 40 mg kafein. Angka yang cukup tinggi untuk takaran kopi yang sedikit.

Kafein merupakan dehidrator, artinya bisa membuat kulit kekurangan cairan dan menjadi lebih kering. Ketika kamu memakai masker kopi, efek dehidrasi akan terasa dan akan lebih parah pada jenis kulit kering.

Namun hal ini tidak terjadi pada semua orang, hanya pada kondisi kulit yang benar-benar kering saja yang bisa merasakan efek samping satu ini. kamu bisa memakai pelembab kulit setelahnya jika merasakan kulit yang kering.

Bukan hanya sebagai dehidrator, kafein juga bisa mempengaruhi kondisi kulit berjerawat. Dikutip dari Healthline,  kopi bisa memperburuk kondisi jerawat walaupun tidak menjadi penyebab utama munculnya jerawat.

Hal ini bisa diartikan kalau kafein dalam masker kopi bisa menyebabkan jerawat yang semakin besar, kulit diarea jerawat yang terasa meradang dan sakit serta kulit wajah yang semakin sensitif.  

Advertisement

Baca Juga: Ini Dia! 6 Manfaat dan Efek Samping Bedak Kelly untuk Kulitmu

2. Apakah Kopi bisa Menyebabkan Alergi pada Kulit Sensitif?

Apakah Kopi bisa Menyebabkan Alergi pada Kulit Sensitif?

Sebenarnya masker kopi tidak memiliki pengecualian untuk digunakan pada jenis kulit tertentu saja, melainkan masker ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit baik itu kering, berminyak dan kombinasi.  

Hanya saja kurang dianjurkan untuk  kondisi kulit sensitif karena bisa memicu alergi yang menyebabkan kulit menjadi iritasi, kemerahan atau gejala lainnya. Karena itu, kamu disarankan untuk mengetahui apakah kulitmu sensitif atau tidak untuk menghindari efek samping satu ini.

“Kalau begitu pemilik kulit sensitif tidak boleh memakai masker kopi?” Tidak juga. boleh saja memakai masker biji-bijian alami ini asalkan tidak terlalu sering menggunakannya. Disarankan hanya memakainya antara 1-2 kali dalam seminggu.

Akan tetapi jika masih ragu akan hal ini, kamu bisa langsung tanyakan pada dokter terkait agar  merasa lebih aman dan tidak ada keraguan lagi untuk memakainya.

Tips Memakai Masker Kopi

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, masker kopi juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan kulit wajah. manfaat tersebut diantaranya mencegah tanda-tanda penuaan, samarkan mata panda, menghaluskan kulit wajah, hingga mencegah kanker kulit yang bisa menyerang siapapun.

Namun manfaat itu semua tidak bisa didapatkan hanya dengan memakai masker kopi secara asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapat khasiat yang maksimal seperti memilih biji kopi terbaik, memadukannya dengan bahan lain dan banyak lagi.

1. Pilihlah Biji Kopi Terbaik dengan Kehalusan yang Sempurna

Tips Memakai Masker Kopi - Pilihlah Biji Kopi Terbaik dengan Kehalusan yang Sempurna

Tidak ada aturan pasti mengenai jenis biji kopi apa saja yang bisa dipakai sebagai bahan masker wajah. Berdasarkan berbagai sumber, tidak ada yang menyebutkan jenis biji terbaik yang dapat memberikan manfaat penuh untuk kecantikan kulit.

Namun satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah sebaiknya gunakan biji kopi organik. Biji kopi organik memiliki kandungan yang tidak tercemar dengan berbagai jenis pestisida sehingga kulit akan aman memakainya.

Selain pemilihan biji kopi, kamu juga perlu menggunakan bubuk kopi yang benar-benar halus supaya tidak terasa kasar di kulit dan supaya mudah dicampur dengan bahan lainnya.

Bagaimana dengan kopi sachetan seperti Kopi Kapal Api, apakah bagus digunakan untuk bahan masker wajah? Kopi ini menggunakan campuran biji kopi arabika dan robusta. Selain itu bubuk kopinya cukup halus dan bisa dibuat campuran masker kopi yang bagus.

Meskipun begitu, tentunya ada campuran bahan pengawet sehingga jangan terlalu sering menggunakan masker dari kopi instan ini.

Baca Juga: Masker Air Mawar dan Bedak Bayi: Manfaat, dan Efek Samping Pemakaiannya

2. Gunakan Takaran yang Tepat

Tips Memakai Masker Kopi - Gunakan Takaran yang Tepat

Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik untuk tubuh, begitu pula dengan masker kopi. Kamu harus memperhatikan takaran kopinya secara tepat dan jangan berlebihan. Apabila ingin menambahkan dengan bahan lain, tambahkan dengan proporsi yang sesuai dengan prosedur.

Advertisement

Karena jika kamu menggunakan takaran kopi yang tidak tepat atau terlalu berlebihan, maka bukannya manfaat yang didapat, melainkan efek samping yang akan kamu dapatkan.

Nggak mau kan hal ini terjadi?

3. Lakukan Pengetesan sebelum Memakainya pada Seluruh Wajah

Tips Memakai Masker Kopi - Lakukan Pengetesan sebelum Memakainya pada Seluruh Wajah

Sebelum kamu memakai masker pada seluruh permukaan wajah, lakukan pengetesan terlebih dahulu pada sebagian kecil kulit untuk mengetahui apakah jenis kulitmu cocok memakai masker kopi atau tidak.

Cara melakukannya bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat masker kopi tanpa campuran bahan lain.
  2. Aplikasikan pada sebagian kecil kulit yang tertutup, misalnya bagian belakang telinga atau salah satu sudut wajah.
  3. Tunggu hingga 15 menit atau lebih untuk mengetahui reaksi apa yang akan terjadi.
  4. Apabila tidak merasakan apa-apa, berarti kamu cocok menggunakannya. Namun apabila terasa gatal-gatal, kulit menjadi kering, muncul kemerahan dan nampak gejala iritasi, maka kamu tidak perlu melanjutkan karena kulitmu tidak cocok untuk memakainya.

Tips Membuat Masker Kopi

Tips Membuat Masker Kopi

Ada beberapa cara yang dapat kamu coba untuk membuat masker kopi yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya dicampurkan dengan madu dan minyak zaitun untuk melembabkan kulit kering atau dicampurkan dengan lemon untuk membantu mengatasi kulit berminyak.

Berikut penjelasan singkat bagaimana cara membuat masker kopi yang membantu memenuhi kebutuhan kulitmu:

  1. Apabila kamu memiliki masalah kulit berminyak, kamu dapat mengatasinya dengan masker kopi. Caranya adalah dengan menyiapkan bubuk kopi buatan sendiri atau bubuk kopi yang dibeli. Campurkan bubuk kopi dengan susu cair hingga membentuk pasta. Setelah itu bisa langsung dioleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Pijatlah secara lembut dan perlahan dengan gerakan memutar agar kandungan didalamnya bisa cepat terserap.
  2. Masker kopi juga bisa membantu mengatasi kulit kusam dan kasar. Caranya dengan menyiapkan dua sendok makan bubuk kopi kemudian aduk bersama minyak zaitun sampai membentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata sambil dipijat secara lembut dengan gerakan memutar. Pijat wajah hanya beberapa saat saja karena setelahnya kamu perlu menunggu hingga 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.
  3. Untuk membantu melembabkan kulit yang kering, kamu bisa menambahkan bahan moisturizer diantaranya madu atau minyak zaitun dalam campuran masker kopi. Aduk 2 sendok makan kopi dengan bahan tambahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta. Sama seperti sebelumnya, aplikasikan pada wajah dan pijat dengan lembut dan halus. Tunggu hingga 15-20 menit kemudian basuh dengan air bersih yang dingin untuk memberi efek segar.

Baca Juga: Manfaat dan Cara Memakai Masker BioAqua Aloe Vera untuk Kecantikan Kulit Wajah

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar efek samping masker kopi:

Adakah efek samping masker kopi dan air mawar?

Kopi dan air mawar adalah kombinasi sempurna untuk dijadikan masker wajah. Terkait efek sampingnya, tergantung apakah kulitmu cocok atau tidak. Sebaiknya uji cobakan masker di sebagian kulit supaya melihat apakah cocok atau tidak.

Adakah efek samping masker kopi dan madu?

Masker campuran kopi dan madu dapat memicu reaksi efek samping bagi kulit yang tidak cocok. Namun bagi kulit yang cocok, kulit bisa semakin lembab serta mengatasi masalah kulit yang kusam.

Adakah efek samping masker kopi dan Putih Telur?

Sama seperti campuran masker kopi lainnya, efek samping yang muncul tergantung apakah kulitmu cocok atau tidak. Namun bisa diminimalkan resikonya dengan menggunakan bahan kopi berkualitas serta menguji coba masker disebagian kulit tertutup.

Adakah efek samping masker kopi dan gula?

Masker dari bahan kopi dengan gula bermanfaat mengurangi minyak berlebih dan merontokkan sel kulit mati. Tidak ada efek samping yang didapatkan jika penggunaannya tidak berlebihan. Maksimal gunakan 1-2 kali seminggu.

Kesimpulan

Kopi memang menjadi salah satu bahan alami yang bisa memberikan khasiat untuk kecantikan kulit wajah. Namun bukan berarti tidak memiliki efek samping sama sekali.

Kopi yang dibuat masker bisa memberi efek samping bagi penggunanya jika digunakan dengan cara yang kurang tepat atau digunakan pada kulit dengan kondisi yang sensitif.

Selain itu jangan menggosok-gosokkan kulit wajah dengan terlalu kencang. Wajah memiliki lapisan kulit yang lebih tipis dari kulit tubuh dan rentan mengalami luka atau iritasi.