√ 7+ Cara menghilangkan Uban dengan Minyak Zaitun Paling Ampuh 2020

Uban merupakan tanda kalau seseorang sudah semakin bertambah usia dan mulai memasuki usia senja.  Berubahnya rambut hitam menjadi warna putih uban adalah hal yang umum terjadi dan tidak bisa dihindarkan oleh siapapun, baik pria maupun wanita.

Bagi wanita, rambut yang mulai beruban menjadi awal yang buruk untuk penampilan walaupun pada sebagian lainnya justru menantikan rambutnya beruban karena menandakan wanita yang bijaksana dan menambah kewibawaan.

Ada berbagai cara yang bisa anda lakukan kalau memang serius mau menghilangkan uban, salah satunya dengan cara alami memakai minyak zaitun. Minyak serbaguna ini bisa menghilangkan uban dengan berbagai kandungan alami didalamnya.

Faktor yang Menjadi Penyebab Rambut Beruban

Faktor yang Menjadi Penyebab Rambut Beruban

Munculnya uban di rambut memang disebabkan karena pertambahan usia yang semakin menua. Akan tetapi apa jadinya jika uban muncul lebih cepat dari usia rata-rata? Tentu ini merupakan kejanggalan yang perlu kamu selidiki.

Beberapa faktor berikut ini bisa jadi merupakan salah satu penyebab rambutmu beruban lebih cepat dari umumnya.

 1. Genetika

Tidak bisa dipungkiri kalau genetika merupakan penyumbang terbesar kenapa seseorang bisa memiliki rambut uban yang lebih cepat dari biasanya. Menurut penelitian di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology tahun 2013, ras serta etnis memainkan peran juga dalam tanda penuaan ini.

Setidaknya pada orang berkulit putih mulai muncul pada awal usia 20 tahun, orang asia 25 tahun dan orang keturunan afrika-amerika pada usia ke 30 tahun menurut jurnal penelitian pada tahun yang sama.

2. Kurang Mengkonsumsi Vitamin

Seseorang mulai berubah warna rambut menjadi putih beruban bisa disebabkan karena berbagai faktor, salah satunya karena kekurangan asupan vitamin seperti vitamin B-6, vitamin B-12, Vitamin D atau Vitamin E.

Ada suatu laporan di tahun 2015 dalam jurnal development yang menemukan berbagai studi mengenai kekurangan vitamin B-12, D-3 dan zat tembaga ada keterkaitan dengan pertumbuhan uban. Ini menandakan kalau kekurangan vitamin mempengaruhi kolagen rambut sehingga berubah warnanya menjadi keputihan.

3. pengaruh Pewarna Rambut

Seperti yang kita tahu, pewarna rambut mengandung banyak bahan kimia untuk mengubah warna hitam alami menjadi warna yang sesuai keinginan. Pewarna rambut bisa menyebabkan uban karena memiliki kandungan berbahaya yang mampu mengurangi melanin.

Salah satu kandungan utama dalam pewarna rambut yakni Hidrogen Peroksida merupakan bahan berbahaya yang dapat menjadi penyebab rambut menjadi putih permanen. Karena itu, pertimbangkan terlebih dahulu sebelum mewarnai rambut.

Baca Juga: 25 Tren Perpaduan Warna Cat Rambut yang Bagus untuk Kulit Wanita Asia

4. Stress Berlebihan

Percaya atau tidak, stress bisa menjadi penyebab kemunculan uban. Dalam sebuah studi menyatakan kalau stress bisa berperan walaupun tidak sepenuhnya karena ada faktor-faktor lain yang juga berkontribusi.

Ada pula studi yang dilaporkan oleh Nature Medicine yang mendapati kalau sel-sel tubuh yang memiliki peran dalam warna rambut akan berhenti bekerja ketika tubuh seseorang mengalami stress yang berlebihan.

5. Adanya Kondisi Medis Tertentu

Adanya kelainan pada tubuh seseorang seperti penyakit bisa menjadi penyebab mengapa tumbuh rambut uban. Dalam suatu studi kasus di tahun 2008 menyatakan adanya keterkaitan antara kondisi medis tertentu yakni disfungsi tiroid dengan kelainan warna rambut.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Uban

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Uban

Ketik berbicara mengenai manfaat minyak zaitun tentu akan ada banyak jawaban, misalnya melembabkan kulit, menutrisi tubuh serta banyak lagi. Tapi bagaimana jika digunakan untuk rambut uban, apakah ada juga manfaatnya?

Untuk menjawabnya, berikut manfaat minyak zaitun untuk uban yang perlu kamu tahu.

Baca Juga: Ampuh! Inilah Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih

1. Mengatasi Masalah Ketombe yang Menjadi Penyebab Rambut Uban

Usut punya usut, ketomber ternyata menjadi salah satu penyebab munculnya uban pada rambut pria dan wanita dewasa.  Memakai minyak zaitun pada rambut akan bisa mengatasinya dengan cara melembabkan kulit kepala yang kering dan membantu memperbaikinya.

Dengan cara ini, kamu bisa menyelamatkan rambutmu dari uban karena telah berhasil mengatasi penyebab masalahnya yang tak lain adalah ketombe.

2. Memperbaiki kerusakan Rambut Akibat Sinar Matahari

Selain menjadi penyebab wajah yang kusam, menghitam dan kasar, sinar matahari juga bisa menjadi penyebab memutihkan warna rambut akibat pigmen pemutih yang dihasilkan Vitamin D ( yang memproduksi Pheomelanin).

Hindari berada di bawah sinar matahari hingga berjam-jam karena itu bisa membuat rambut beruban dan kering. Pakailah minyak zaitun untuk membantu memperbaiki kerusakan rambut dan menghidrasi rambut kering.

3. Mengembalikan Kadar PH Folikel Rambut

Selain melembabkan dan merawat rambut yang rusak karena sinar matahari, minyak zaitun juga bisa mengembalikan kadar PH pada folikel rambut agar seimbang. Ketika PH folikel rambut sudah seimbang, maka pigmen warna juga akan kembali bekerja secara normal.

Dua pigmen warna yakni pheomelanin dan neuromelanin akan pulih dan memasuki kondisi normal yang dapat mengembalikan warna rambut hitam yang sebelumnya telah hilang.

4. Merawat Rambut Rusak Karena Bahan Kimia

Sebuah fakta menunjukkan kalau minyak zaitun bisa mengembalikan warna alami rambut yang telah hilang akibat bahan kimia. Rambut yang rusak karena bahan kimia biasanya ditandai dengan berubah menjadi putih/abu-abu. Hal semacam ini terjadi karena kerusakan akibat faktor kimiawi akan langsung menyerang folikel rambut.

Minyak zaitun akan merawat rambut rusak dengan cara memperkuat akar rambut kepala yang lemah. Disisi lain, minyak zaitun mengembalikan kadar PH rambut dan mengembalikan warna hitam alami yang sempat hilang.

5. Menghambat Penuaan Dini

Tentu semua orang tidak ingin mengalami yang namanya penuaan dini. Penuaan dini terjadi karena berbagai sebab seperti polusi udara, sinar UV dan radikal bebas. Minyak zaitun bisa menunda penuaan dini dan menghambat munculnya tandanya berupa rambut beruban.

Minyak zaitun akan menutrisi rambut agar tetap kuat dan menjaga rambut agar pigmen warnanya tidak cepat memudar.

Cara menghilangkan Uban dengan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan Uban dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak secara langsung menghitamkan rambut uban, akan tetapi melakukan pencegahan agar rambut tidak cepat kehilangan pigmen warnanya. Selain itu juga memulihkan rambut agar dapat kembali menjadi sehat tanpa kerusakan.

Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan uban dengan memakai minyak zaitun sebagai bahan utamanya:

 1. Minyak Zaitun Panas

Berikut langkah-langkah membuatnya:

  • Siapkan minyak zaitun secukupnya lalu panaskan di atas wajah.
  • Diamkan sebentar agar tidak terlalu panas ketika digunakan.
  • Ketika minyak zaitun sudah agak hangat, aplikasikan pada seluruh helai rambut.
  • Pijat lembut selama beberapa menit agar kandungan didalam minyak bisa lebih cepat terserap.
  • Bilas rambut setelah sekitar 20-30 menit setelahnya memakai shampo dan air bersih. Atau bisa juga diamkan hingga semalaman dan bersihkan keesokan harinya.

2. Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung senyawa berupa asam lemak yang bagus untuk merawat rambut dari kerusakan. Minyak kelapa juga bisa membantu menghilangkan komedo, gatal dan melembabkan rambut yang kering.

  • Panaskan minyak kelapa di atas wajah hingga menjadi agak cair (disarankan memakai minyak kelapa organik agar khasiatnya lebih maksimal).
  • Campurkan antara minyak kelapa dan minyak zaitun pada satu wadah. Perbandingan kedua minyak sama yakni 1:1.
  •  Oleskan minyak pada seluruh rambut sambil dipijat dengan lembut. Usahakan jangan mengenai kulit kepala karena nantinya akan sulit dihilangkan.
  • Pijat rambut merata pada seluruh rambut. fokuskan pijatan pada ujung rambut karena bagian tersebut biasanya mudah rusak dan kering.
  • Tunggu dan diamkan rambut hingga 30 menit. Setelah itu bilas rambut memakai shampo dengan formula ringan.
  • Untuk tambahan, gunakan pula kondisioner setelah rambut kering.

Bedak Legendaris! Ini 6 Manfaat dan Efek Samping Bedak Kelly yang Wajib Kamu Ketahui

3. Minyak Zaitun dan Minyak Jojoba

Menambahkan minyak jojoba juga menjadi cara menghilangkan uban selanjutnya. Minyak jojoba memiliki khasiat melembabkan batang rambut, merangsang pertumbuhan rambut hingga memperbaiki rambut rusak akibat panas catok atau sinar matahari.

  • Campurkan minyak jojoba dan zaitun dengan takaran yang sama.
  • Oleskan pada rambut dan lakukan pemijatan beberapa menit secara lembut dan menyeluruh.
  • Kemudian tutup rambut dan diamkan hingga semalaman.
  • Bilas memakai shampo yang punya formula ringan pada keesokan harinya.
  • Bisa pakai kondisioner agar rambut semakin lembab.

4. Minyak Zaitun dan Jintan Hitam

Jintan hitam atau habbatussauda adalah tanaman herbal yang sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional. Tidak hanya baik untuk kulit saja, jintan hitam juga baik untuk rambut, misalnya mencegah kerontokan, mengatasi ketombe hingga menjaga warna rambut tetap cerah alami.

  • Campurkan antara minyak zaitun dan jintan hitam dalam takaran yang sama.
  • Aplikasikan pada rambut dan pijat beberapa menit dengan gerakan lembut dan sedikit menekan.
  • Bungkus rambut dengan plastik atau bahan apapun agar minyak tidak berceceran.
  • Setelah sekitar 1 jam bilas rambut memakai shampo dan lembabkan rambut dengan kondisioner.
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan 1 kali dalam sehari.

5. Minyak Zaitun dan Madu

Sejak zaman dahulu madu sudah dijadikan bahan alami yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Ketika diminum, madu akan memberikan manfaat berupa memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, mencegah diabetes dan masih banyak lagi.

Dan dioleskan pada kulit, cairan yang dihasilkan oleh lebah ini bisa menghilangkan luka, menenangkan kulit iritasi serta merawat kecantikan wajah. Bahkan saat digunakan pada rambut, madu bisa memberi nutrisi pada sel-sel rambut terdalam agar lebih kuat, sehat dan mampu menangkal radikal bebas.

Sangat banyak bukan manfaatnya?

  • Siapkan tiga bahan sebelum membuatnya yakni 3 kapsul vitamin E, ½ cangkir kecil minyak zaitun dan ¼ madu.
  • Campurkan sebanyak ¼ cangkir kecil madu dan ½ minyak zaitun pada mangkuk.
  • Aduk kedua bahan sampai tercampur rata dan agak cair. Jika masih kental dan lengket, tambahkan minyak zaitun lalu aduk kembali.
  • Buka kapsul vitamin E dan tambahkan isinya pada adonan minyak.
  • Aduk kembali hingga merata dan setelah itu bisa langsung diaplikasikan.
  • Oleskan adonan minyak hingga merata pada seluruh helai rambut kepala.
  • Pijat-pijat selama beberapa menit dan kemudian diamkan rambut selama 1 ½ jam.
  • Bilas rambut dengan air hangat sampai benar-benar bersih. Pakai shampo anti lepek agar minyak bisa terangkat semua.

6. Minyak Zaitun dan Minyak Wijen

Selain minyak kelapa dan jojoba, minyak wijen juga bisa dicampurkan dengan minyak zaitun untuk mengatasi masalah rambut beruban. Didalam minyak wijen terdapat senyawa yang bisa membantu mengembalikan pigmen warna rambut yang memudar.

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  • Campurkan minyak wijen dan zaitun dengan porsi takaran yang sama.
  • Apabila belum memiliki minyak wijen, kamu bisa membuatnya sendiri dengan menyangrai bijinya selama kurang lebih 15 menit. Kemudian blender atau tumbuk lalu peras untuk menyaring minyak dari sisa biji.
  • Oleskan hasil campuran minyak pada rambut sambil dipijat lembut.
  • Setelah itu diamkan rambut hingga semalaman. Jangan lupa untuk menutup rambut agar minyak tidak berceceran.
  • Bilas rambut pada pagi hari sampai minyak di rambut tidak ada yang tersisa.

7. Minyak Zaitun dan Tanaman Jahe

Selain baik untuk melancarkan metabolisme tubuh, jahe juga dapat dijadikan bahan untuk memperbaiki struktur rambut. kandungan di dalam jahe bagus untuk pertumbuhan rambut, menghilangkan komedo hingga membantu mengembalikan warna alami rambut.

Jahe juga bisa menjaga sirkulasi darah di kulit kepala menjadi semakin lancar sehingga aliran oksigen yang masuk ke tiap batang rambut semakin banyak dan lancar.

  • Blender atau parut jahe untuk mendapatkan sarinya.
  • Campurkan sari jahe dengan minyak zaitun secukupnya lalu bisa langsung dioleskan pada rambut.
  • Pijat secara lembut dan menyeluruh khususnya pada ujung rambut karena biasanya yang paling kering dan mudah rusak.
  • Diamkan hingga 1 jam dan setelahnya bisa di kramas sampai minyak yang menempel di rambut terangkat semua.
  • Sebaiknya ulangi cara ini 1-2 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Inilah Manfaat dan Cara Pakai Minyak Kutus kutus untuk Kulit Wajah

Kesimpulan

Itu dia cara ampuh untuk menghilangkan uban dengan minyak zaitun yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Ini merupakan cara alami sehingga kamu tidak perlu takut karena tidak akan menimbulkan bahaya dan efek samping.

Lutfiani

Lutfiani

Seorang skincare addict yang telah menjajal berbagai skincare dari banyak Brand. Gemar traveling dan berambisi pergi ke 10 negara di 3 benua sebelum berusia 30 tahun.

Articles: 264