Kamu Wajib Tahu! Ada 5 Bahaya Masker Rorec yang Jarang Diketahui Orang

Kamu Wajib Tahu! Ada 5 Bahaya Masker Rorec yang Jarang Diketahui Orang

Sheet mask atau masker tisu merupakan salah satu masker yang sangat praktis ketika dipakai. bahkan lebih praktis dari jenis masker lainnya seperti clay mask, gel mask, peel off mask hingga masker alami seperti dari bahan putih telur.

Masker yang dipelopori dari Negeri Ginseng tersebut semakin populer di Indonesia dan mulai digemari baik oleh para skincare addict maupun para pemula yang baru menggunakan masker wajah.

Hingga sekarang, telah banyak bermunculan merek-merek yang menciptakan produk sheet mask, salah satunya adalah Rorec. Mungkin Rorec tampak asing di telinga anda, namun jangan salah masker tersebut cukup populer di berbagai marketplace berkat harganya yang sangat murah.

Walaupun begitu, masker rorec memiliki manfaat yang bisa anda dapatkan. Asalkan digunakan dengan benar dan tidak berlebihan, reaksi negatif yang bisa ditimbulkan karena pemakaiannya akan diminimalisir.

5 Bahaya masker rorec

Adakah bahaya masker Rorec? Pertanyaan tersebut sering diajukan tatkala melihat harganya yang begitu miring. Masker Rorec memang terbilang dibandrol dengan harga yang sangat rendah dibandingkan dengan masker sejenis misalnya dari merek Garnier, Innisfree, dan lain-lain.

Itulah mengapa banyak yang menanyakan apakah terdapat bahaya akibat pemakaiannya atau tidak. Berikut merupakan beberapa bahaya masker Rorec yang perlu anda ketahui. Ini merupakan hasil nyata dari beberapa penggunanya, kemudian kami rangkum dalam postingan kali ini.

Advertisement

1. Kulit Gatal-gatal

Ketika kulit tidak cocok menggunakan suatu skincare, maka salah satu bahaya yang ditimbulkan adalah kulit yang terasa gatal-gatal. Begitu pula jika kulit anda tidak cocok menggunakan masker Rorec, awalnya kulit sedikit gatal, namun jika dibiarkan kulit bisa semakin gatal dan memunculkan reaksi negatif lain.

Kulit gatal-gatal bisa muncul ketika anda baru pertama kali memakai sheet mask satu ini, namun juga bisa ketika sudah beberapa kali memakainya. Perhatikan jenis kulit anda, jika kulit anda cenderung sensitif, lakukan uji coba dengan menempelkan masker di bagian kulit tertutup.

Ketika kulit tidak bermasalah, anda bisa melanjutkan memakai masker. Tapi jika muncul masalah kulit dan tidak muncul hilang, sebaiknya hentikan sementara atau ganti dengan masker wajah lainnya.

2. Muncul Ruam Kemerahan

Ruam kemerahan juga bisa menjadi salah satu efek samping pemakaian masker Rorec. Ruam merah di wajah akan muncul setelah kulit mengalami gatal. Biasanya beberapa saat setelah gatal-gatal, gantian muncul ruam merah yang cukup mengganggu.

Ruam merupakan tanda kalau tubuh menolak bahan kandungan yang terdapat di dalam masker produksi china tersebut. Ruam umumnya akan berangsur menghilang ketika berganti hari. ketika anda sendiri yang mengalaminya, tidak perlu panik, cukup gunakan gel penenang seperti Nature Republik Aloe Vera atau atau Wardah aloe vera gel.

3. Kulit Terasa Panas

Kulit terasa panas akan muncul berbarengan dengan munculnya ruam kemerahan. Kulit yang terasa panas memang mengganggu sehingga bisa didinginkan menggunakan es batu atau air dingin.

Faktor penyebab masalah ini adalah ketidakcocokan kulit dengan kandungan masker. Di dalam masker Rorec terdapat berbagai kombinasi bahan aktif yang bertugas menyerap langsung ke dalam kulit. ketika kulit menolak kandungan tersebut, salah satu yang ditimbulkan adalah rasa panas pada kulit wajah.

4. Dehidrasi Kulit

Jangan salah, bahaya lainnya yang wajib anda tahu adalah dehidrasi kulit. Kulit pada dasarnya bisa memproduksi minyak alami yang berasal dari kelenjar di dalam kulit yakni sebaceus. Kelenjar tersebut akan bekerja lebih aktif pada para pemilik kulit berminyak.

Advertisement

Ketika kulit tidak cocok memakai masker Rorec, kulit akan kehilangan banyak minyak alaminya dan produksi minyak juga terhambat. Akibatnya kulit dehidrasi dan tampak kering, bahkan efek ini bisa muncul di kulit yang cenderung berminyak.

Penanganan pertama ketika mengalami efek samping tersebut adalah menggunakan pelembab wajah. Sebaiknya gunakan pelembab dengan kandungan bahan alami seperti minyak zaitun atau lidah buaya.

5. Kulit Membengkak

Selain 4 bahaya di atas, bahaya lainnya dari pemakaian sheet mask satu ini adalah kulit wajah yang membengkak. Bengkak terjadi biasanya setelah mengalami masalah-masalah yang kami sebutkan diatas. Anda akan menyadarinya ketika bangun tidur lalu kemudian bercermin.

Bengkak akan tampak di beberapa bagian wajah seperti mata dan pipi. Bengkak yang muncul di wajah memang tidak begitu nampak, namun cukup mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri.

Baca Juga: 5 Bahaya Garnier Sakura White Pada Kulit Wajah

Cara Menggunakan Masker Rorec

Anda tidak akan mendapatkan hasil maksimal dari pemakaian skincare jika cara memakainya saja belum benar. Begitu pula dengan masker Rorec, ada beberapa aturan pemakaiannya yang harus dipatuhi agar manfaatnya bisa anda dapatkan dengan lebih maksimal.

Masker Rorec

1. Gunakan Masker maksimal sekali sehari dalam Seminggu

Yang sering menjadi kesalahan para pemula adalah terlalu sering menggunakan masker wajah dengan harapan agar mendapatkan hasil lebih cepat. Hal tersebut sepenuhnya salah karena masker wajah pada dasarnya memiliki jangka waktu pemakaian tertentu tergantung dari besarnya konsentrasi bahan kandungan di dalamnya.

Untuk masker Rorec sendiri sebaiknya gunakan maksimal sekali sehari selama seminggu pertama. Untuk minggu-minggu selanjutnya gunakan masker 2 kali dalam sehari. Manfaatnya memang tidak bisa didapatkan secara instan, namun ini bisa meminimalisir terjadinya efek samping pemakaiannya.

2. Aplikasikan Masker dalam Waktu 20 Menit

Jangan terlalu lama maupun sebentar menggunakan masker Rorec, bagusnya aplikasikan masker tersebut sekitar 20 menit. Bila sudah selesai, lepaskan masker dan bilas wajah sampai bersih. Bilas memakai air dingin untuk mendapatkan sensasi yang menyegarkan kulit.

3. Bersihkan Wajah Sebelum Memakai Masker

Jangan sampai lupa kalau sebelum memakai masker wajah harus dibersihkan terlebih dulu. Langkah awal ini merupakan cara agar kotoran, debu hingga minyak yang masih menempel bisa dibersihkan sehingga cairan masker bisa lebih mudah diserap.

Bersihkan wajah menggunakan pembersih muka yang sesuai jenis kulit anda. Kemudian bersihkan lagi memakai kapas untuk menghilangkan debu-debu yang masih tertinggal.

Kesimpulan

Perawatan kulit wajah memang menjadi salah satu hal terpenting yang harus dilakukan wanita. Namun jangan asal merawat wajah, apalagi menggunakan produk-produk tak jelas asal-usulnya serta bahan kandungannya.

Masker rorec bisa menjadi alternatif anda dalam merawat kecantikan kulit wajah. Namun seperti yang pernah pengguna lain rasakan, bahaya berupa reaksi efek samping bisa muncul akibat pemakaiannya. Bahaya tersebut terjadi karena kulit tidak cocok dengan bahan kandungan masker Rorec.

Namun anda jangan terlalu mengkhawatirkannya karena asalkan dipakai dengan benar alias tidak berlebihan, tahu jenis kulit apa saja yang cocok dengan masker Rorec serta melakukan uji coba sebelum mengaplikasikannya di seluruh permukaan wajah, reaksi negatif apapun bisa diminimalisir. Semoga membantu.