Susunan Acara ulang Tahun Lengkap dengan Contoh dan Penjelasannya

Merayakan ulang tahun dengan membangun sebuah acara khusus tentu menjadi hal yang perlu dipersiapkan dengan baik. Hal ini agar acara tersebut dapat berjalan lancar dan bisa menjadi kenangan yang tidak terlupakan.

Namun, apa jadinya jika ingin membangun acara ulang tahun tanpa ada susunan acara yang jelas? Bukannya berjalan sesuai alur yang diinginkan, malahan tiap bagian acara bisa terbalik dan kacau. Karena itu, membangun susunan acara terlebih dahulu sangat diperlukan.

Dengan era digital sekarang ini, kamu dapat menemukan banyak susunan acara ulang tahun yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, salah satunya dari artikel ini.

Susunan Acara Ulang Tahun

Berikut beberapa model susunan acara ulang tahun lengkap dengan contoh dan penjelasan.

1. Susunan acara ulang tahun sederhana

susunan acara ulang tahun sederhana
Source: Pinterest

Yang pertama adalah susunan acara ulang tahun yang dapat digelar secara sederhana. Susunan acara ini hanya terdiri dari beberapa bagian inti. Walaupun begitu, acara bisa berjalan dengan hikmat dan menarik serta pesan dari acara ulang tahun itu sendiri dapat tersampaikan.

Susunan acara ini bisa menjadi pilihan jika kamu ingin mengeluarkan biaya sedikit karena tidak perlu menyewa tempat dan dekorasi acara juga dibuat secara minimalis. Selain itu tamu undangan juga terdiri dari beberapa teman dekat, tetangga dan kerabat dekat.

Contoh susunan acara ulang tahun sederhana

Berikut contoh susunan acaranya:

  1. Pembukaan acara oleh MC
  2. Sambutan dari orang tua yang berulang tahun
  3. Sambutan dan doa dari tokoh agama atau adat setempat
  4. Proses peniupan lilin dan pemotongan kue
  5. Acara makan bersama
  6. Beberapa permainan sederhana
  7. MC menutup acara
  8. Doa penutup

Penjelasan

1. Pembukaan acara oleh MC

Kamu bisa menyewa seseorang untuk dijadikan MC atau pembawa acara. Jika tidak mau ribet, kamu bisa menyuruh kerabat, teman atau anggota keluarga sendiri untuk menjadi MC. Tentunya kerabat, teman atau anggota keluarga yang pandai berbicara didepan orang banyak.

2. Sambutan dari orang tua yang berulang tahun

Setelah MC membuka acara, selanjutnya adalah sambutan dari orang tua yang berulang tahun. Orang tua bisa mengucapkan ucapan selamat, doa dan harapan kepada anaknya yang sedang berulang tahun. Atau jika orang tua sudah meninggal dunia, maka kakak atau kerabat terdekat dapat mengisi bagian sambutan ini.

3. Sambutan dan doa dari tokoh agama/adat setempat

Agar acara berjalan semakin hikmat dan diberkahi, maka sambutan disertai doa dari tokoh agama atau adat setempat perlu dilakukan. Tokoh agama atau adat tersebut  bisa berdoa bersama tamu untuk kebaikan acara serta untuk kebaikan yang sedang berulang tahun.

4.  Proses peniupan lilin dan pemotongan kue

Jika sudah berdoa bersama, selanjutnya bisa mulai meniup lilin dan memotong kue yang sudah disiapkan. Karena acara ulang tahun sederhana, siapkan kue yang ukuran kecil saja. Atau jika yang berulang tahun anak, bisa dengan tumpukan kue kecil kemudian diberi lilin diatasnya.

Yang sedang berulang tahun meniup lilin sendiri sambil dibarengi dengan nyanyian. Setelah itu potong kue dengan ukuran kecil dan berikan pertama kali pada orang tua atau orang yang paling dikasihi.

5. Acara makan bersama

Jika kue sudah dipotong-potong kecil dan dibagikan merata pada tamu yang hadir, kemudian bisa makan bersama dengan makanan yang sudah disiapkan.

6. Beberapa permainan sederhana

Jangan buru-buru langsung memainkan permainan. Biarkan tamu bisa duduk dan ngobrol agar semakin akrab dan terjalin hubungan lebih erat lagi. Baru setelah dirasa cukup istirahatnya, lakukan permainan sederhana yang bisa mengajarkan kerjasama dan kebersamaan. Pemenang permainan tersebut diberi hadiah yang sudah dipersiapkan.

7. MC menutup acara

Setelah permainan dan penyerahan hadiahnya selesai, MC bisa langsung menutup acara. Ucapan terima kasih kepada tamu yang sudah datang dan permintaan maaf dengan segala kekurangan selama acara menjadi hal pokok yang diucapkan MC.

8. Doa penutup

Doa penutup sebenarnya bisa dibacakan sekalian oleh MC saat menutup acara. Namun karena ada tokoh agama atau adat, sebaiknya doa penutup dibacakan olehnya.

2. Susunan acara ulang tahun Sekolah

Apakah kamu mendapatkan tugas menyusun acara ulang tahun yang diadakan di sekolah? Tidak perlu bingung, contoh berikut ini dapat menginspirasimu.

Biasanya susunan acara ini dibuat untuk kegiatan resmi yang diadakan osis, pramuka atau organisasi lain. Atau bisa juga diadakan untuk kegiatan di kelas.

Contoh susunan acara ulang tahun Sekolah

  1. Pembukaan acara
  2. Pembukaan resmi
  3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  4. Laporan ketua panitia
  5. Sambutan kepala sekolah
  6. Pertunjukan dari Perwakilan kelas
  7. Acara lomba
  8. Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba
  9. Laporan ketua panitia
  10. Kata penutup oleh kepala sekolah
  11. Doa penutup oleh guru agama

Penjelasan

1. Pembukaan acara

Pembukaan acara ini dilakukan oleh siswa yang telah ditunjuk untuk membuka acara yakni satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Keduanya membacakan naskah pembukaan yang telah disiapkan sebelumnya.

2. Pembukaan resmi

Pembukaan resmi dilakukan untuk menjadi penanda bahwa acara ulang tahun sekolah akan segera dilaksanakan. Pembukaan resmi dapat dilakukan secara simbolis, bisa dengan memukul gong, melepaskan merpati,  balon atau yang lainnya. Biasanya acara pembukaan resmi ini dilakukan secara turun temurun atau mengikuti acara yang sebelumnya sudah dilakukan.

3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya

Lagu Indonesia raya menjadi lagu wajib dalam berbagai acara termasuk acara ulang tahun sekolah. Menyanyikan lagu indonesia raya dilakukan bersama dengan hening dan hikmat. Jika sekolah memiliki drum band, drum band tersebut bisa mengiringinya. Setelah itu dapat menyanyikan lagu mars sekolah yang bersangkutan.

4. Laporan ketua panitia

Selanjutnya ketua panitia penyelenggara acara ulang tahun melaporkan bahwa acara akan segera dilakukan.

5. Sambutan kepala sekolah

Sebagai pimpinan tertinggi di sekolah, kepala sekolah berhak untuk pertama kali menyampaikan sambutannya. Jika sekolah mengundang tamu penting seperti camat, bupati atau kepala dinas pendidikan, setelah sambutan dari kepala sekolah bisa dilakukan sambutan dari para tamu tersebut.

6. Pertunjukan dari perwakilan kelas atau ekstrakulikuler

Setiap kelas atau ekstrakulikuler bisa melakukan pertunjukannya masing-masing. Atau bisa juga mengundang dari luar untuk melakukan pertunjukkan. Pertunjukkan ini bisa berupa tarian, nyanyian, drama atau lainnya yang bersifat hiburan.

7. Acara lomba

Biasanya acara lomba sendiri berlangsung dari pagi sampai siang hari atau bahkan sampai beberapa hari. Lomba yang dilaksanakan juga biasanya bertemakan sesuatu sesuai dengan panitia penyelenggara.

8. Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba

Kalau semua lomba sudah beres, berikutnya adalah acara penyerahan hadiah pada pemenang lomba. Hadiah biasanya berupa uang dan piala bergilir.

9. Laporan ketua panitia

Pada tahap ini, acara inti dari ulang tahun sekolah sudah selesai. Selanjutnya dengan laporan dari ketua panitia untuk penutupan acara.

10. Kata penutup oleh kepala sekolah

Selanjutnya ucapan penutup yang diucapkan oleh kepala sekolah. Jika memiliki tamu penting seperti kepala dinas, bupati atau kapolres, bisa dilanjutkan olehnya.

11. Doa penutup

Doa penutup ini bisa dilakukan oleh guru agama atau tokoh agama yang sudah ditunjuk. Atau bisa pula pembacaan doa penutup dilakukan oleh salah satu murid di sekolah.

3. Susunan acara ulang tahun Anak

Susunan acara ulang tahun Anak
Source: Money Crashers

Sebagai orang tua, rasanya kurang lengkap jika tidak merayakan ulang tahun anak. Selain bisa mempererat hubungan dengan anak, mengadakan acara ulang tahun juga dapat menambah kebahagiaannya. Karena acara ulang tahun biasanya terdapat banyak makanan dan mainan kesukaannya. Selain itu teman-temannya juga berkumpul, sehingga kebahagiaan akan semakin terpancar.

Susunan acara ulang tahun kali ini bisa dipakai untuk anak usia 1 sampai 10 tahun. Ini merupakan susunan acara yang normal, artinya tidak terlalu sederhana maupun terlalu mewah.

Contoh susunan acara ulang tahun Anak

Tanpa panjang lebar lagi, berikut contoh susunan acaranya:

  1. Pembukaan acara oleh MC
  2. Sambutan dari orang tua anak yang berulang tahun
  3. Sambutan dan doa dari pemuka agama
  4. Permainan sederhana
  5. Memotong kue dan meniup lilin
  6. Makan bersama
  7. Penutupan acara oleh MC
  8. Doa penutup oleh pemuka agama
  9. Pasca acara
  10. Pembukaan kado

Penjelasan

1. Pembukaan acara oleh MC

Orang yang menjadi MC bisa dari kerabat, anggota keluarga atau memang orang yang sudah disewa untuk membawakan acara.

2. Sambutan dari orang tua anak yang berulang tahun

Setelah MC berbincang tentang dalam pembukaan acaranya, selanjutnya orang tua dari anak yang berulang tahun dapat memberikan sambutan sederhana kepada tamu undangan. Sekaligus ucapan terima kasih karena telah menghadiri acara anaknya.

3. Sambutan dan doa dari pemuka agama

Sebaiknya pemuka agama yang dipilih adalah dari daerah atau kompleks sekitar saja, tidak perlu dari pemuka agama dari daerah yang jauh. Ini juga menjadi cara untuk tetap menjalin silaturahmi dengan warga sekitar.

4. Permainan sederhana

Karena tamunya adalah anak-anak, maka terlebih dahulu dapat melakukan permainan. Buat acara permainan yang dapat melatih kekompakan dan keterampilan seperti menggambar, menyusun puzzle atau permainan menyenangkan lainnya.

5. Meniup lilin dan memotong kue

Setelah permainan selesai, baru setelah itu acara meniup lilin dan memotong kue yang dipandu oleh MC. Seperti biasa, saat meniup lilin dan memotong kue, semua yang hadir menyanyikan lagu untuk mengiringinya. Potongan kue pertama diserahkan kepada orang tua kemudian dibagikan kepada yang lain.

Tips: Agar menghemat waktu, maka bisa langsung dibagikan potongan-potongan kue kecil yang sebelumnya sudah disiapkan tanpa menunggu memotong kue utama.

6. Makan bersama

Selain makan makanan ringan berupa kue-kue kecil, kamu bisa juga menyiapkan makanan lain berupa nasi dan lauk pauknya untuk dihidangkan kepada tamu undangan.

7. Penutupan acara oleh MC

Sebelum MC menutup acara, beri waktu beberapa saat agar para tamu dapat beristirahat.

8. Doa penutup oleh pemuka agama

Pemuka agama mengajak semua yang hadir untuk berdoa bersama dan mendoakan anak yang sedang berulang tahun.

9. Pasca acara

Karena penyelenggaraan acara dilakukan di rumah, maka seringkali tidak semuanya bergegas meninggalkan tempat setelah penutupan acara. Biasanya mereka akan mengobrol santai terlebih dahulu. Nah, tugas kamu adalah menyiapkan beberapa makanan kecil dan cemilan untuk dihidangkan.  

10. Pembukaan kado

Ketika anak mendapatkan kado, dia merasa sangat senang dan penasaran serta ingin segera membukanya. Kamu perlu mengingatkannya agar membuka kado dilakukan setelah acara selesai.

4. Susunan acara ulang tahun perusahaan

Susunan acara ulang tahun perusahaan

Ulang tahun sebuah perusahaan biasanya memiliki susunan acara yang simpel dan singkat. Dihadiri oleh seluruh karyawan serta partner bisnis dari pemilik perusahaan. Megah atau tidaknya acara tergantung dari besarnya perusahaan itu sendiri. Acara perayaannya bisa berlangsung di kantor, restoran atau bisa juga di gedung mewah.

Contoh Susunan acara ulang tahun perusahaan

  1. Pembukaan acara oleh MC
  2. Sambutan oleh pemilik perusahaan
  3. Pemotongan kue
  4. Hiburan dan makan bersama
  5. Permainan oleh karyawan (opsional)
  6. Penutupan acara oleh MC

Penjelasan

1. Pembukaan acara oleh MC

Bagian susunan acara pertama yang wajib dilakukan adalah pembukaan acara oleh MC. MC akan berbasa basi kepada tamu undangan, mulai dari ucapan terima kasih karena kedatangan tamu hingga membacakan susunan acara yang sudah dibuat dan dijadwalkan.

2. Sambutan oleh pemilik perusahaan

Setelah MC selesai melakukan pembukaan, selanjutnya pemilik perusahaan dapat menyampaikan sambutan kepada tamu undangan. Selain itu pemilik perusahaan juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas kerja tim dari para karyawannya. Sambutan selanjutnya dapat disampaikan oleh CEO, Pemegang saham terbesar dan orang atau pemilik instansi yang memiliki andil besar dalam membangun perusahaan bersangkutan.

3. Pemotongan kue

Setelah sambutan selesai, pemilik atau pimpinan perusahaan dapat memotong kue yang sudah disediakan.

4. hiburan dan makan bersama

Bentuk hiburan yang ditampilkan ditentukan dari tema acara. Seperti contoh, jika tema acara ulang tahun mengusung kebudayaan lokal, maka hiburannya dapat berupa tarian tradisional atau paduan musik dan nyanyian tradisional. Sambil pertunjukan hiburan ini, semua tamu dapat makan bersama sesuai dengan apa yang dihidangkan.

5. Permainan oleh karyawan (opsional)

Beberapa perusahaan kadang melakukan sebuah permainan atau perlombaan yang dilakukan oleh karyawan dengan reward cukup menggiurkan yang berupa bonus, uang, liburan atau barang tertentu. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan loyalitas karyawan pada perusahaan.

6. Penutupan acara oleh MC

Untuk menandakan acara perayaan telah selesai, MC akan melakukan penutupan. Ucapan terima kasih disematkan pada semua hadirin yang sudah datang serta doa agar perusahaan dapat berjalan dengan lebih baik lagi.

5. Susunan acara ulang tahun ke-17 (sweet seventeen)

Susunan acara ulang tahun ke-17 (sweet seventeen)
Source: Happybirthdayworld.net

Banyak para remaja yang menunggu ulang tahunnya yang ke-17 tahun dan mendambakan acara ulang tahun yang berkesan. Untuk mewujudkannya, sebenarnya susunan acara ulang tahun ke-17  tidak jauh beda dengan susunan acara ulang tahun lainnya. Hanya terdapat sedikit perbedaan pada acara inti, yakni penambahan berupa hiburan atau permainan.

Contoh Susunan acara ulang tahun ke-17

  1. Pembukaan acara oleh MC
  2. Sambutan oleh orang tua anak yang berulang tahun
  3. Tiup lilin dan potong kue
  4. Permainan
  5. Hiburan
  6. Makan bersama
  7. Penutupan acara oleh MC
  8. Pasca acara

Penjelasan

1. Pembukaan acara oleh MC

Seperti biasa, yang pertama dilakukan saat memulai acara ulang tahun adalah dengan pembukaan oleh MC. MC yang dipilih harus mampu berbicara luwes, mengikuti perkembangan jaman dan lucu. Hal ini perlu menjadi patokan karena tamunya adalah anak-anak remaja yang selalu up-to-date tentang perkembangan jaman.

2. Sambutan oleh orang tua anak yang berulang tahun

Disini, orang tua yang telah membesarkan anaknya sampai berusia 17 tahun perlu memberikan sambutannya pada acara ulang tahunnya. Sambutan diberikan sambil mengucapkan syukur karena anaknya telah menginjak usia ke-17. Sambutan orang tua bisa digantikan dengan saudara atau kerabat jika orang tuanya berhalangan untuk hadir.

3. Tiup lilin dan potong kue

Setelah orang tua atau wali memberikan sambutan, maka acara selanjutnya adalah meniup lilin dan memotong kue. Semua yang hadir, baik itu teman-teman, kerabat atau saudara bisa memberikan nyanyian yang beriringan dengan waktu meniup lilin dan memotong kue. Potongan kue pertama diberikan kepada orang tua dan potongan selanjutnya diberikan pada tamu yang hadir.

4. Permainan

Permainan yang dilakukan tidak perlu terlalu ribet. Asalkan menyenangkan, itu sudah cukup. Contohnya adalah permainan menyusun puzzle yang dibatasi waktu tertentu.

5. Hiburan

Sebenarnya bentuk atau acara hiburan ini bersifat situasional. Jika perayaan ulang tahun dilakukan dirumah, maka hiburannya bisa berupa karaoke. Atau jika perayaannya di restoran, cafe atau tempat sejenis,  maka hiburannya dapat berupa perform dari band atau penyanyi di tempat tersebut. 

6. Makan bersama

Berikan jamuan kepada tamu dengan makanan yang unik agar dapat berkesan.

7. Penutupan acara oleh MC

Semua acara inti telah dilaksanakan, selanjutnya bisa dilakukan penutupan acara oleh MC.

8. Pasca Acara

Seorang remaja biasanya memiliki teman yang sangat akrab. Dan jika sudah bertemu, maka akan terus mengobrol dan bercanda sehingga sulit dipisahkan. Nah, jika ada teman yang seperti itu, maka dijamu dulu dengan beberapa cemilan atau makanan kecil untuk menemani waktu mengobrol.

Itulah beberapa susunan acara ulang tahun yang secara lengkap saya bahas dengan contoh dan penjelasannya. Dari semua susunan acara tersebut, mana yang sedang kamu cari?